Mengenal Student Loan dan Perbankan Yang Sediakan Pinjaman Pendidikan
Pengujung membaca buku kesukaan mereka yang tersedia di Perpustakaan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, di Kawasan Blok M, Jakarta, Senin (8/5/2023). Selain menyediakan lebih dari 1000 buku secara fisik dan 3000an buku yang bisa diakses secara online terhubung dengan koleksi e-book Perpustakaan Jakarta. (FOTO: MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
18:09
29 Januari 2024

Mengenal Student Loan dan Perbankan Yang Sediakan Pinjaman Pendidikan

- Student loan belakangan ini ramai jadi pembicaraan. Pasalnya, baru-baru ini Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan pinjaman untuk mahasiswanya yang mengalami tunggakan uang kuliah tunggal (UKT). Pinjaman itu menggandengkan perusahaan pinjaman online atau financial technology (fintech).

Sejatinya pinjaman yang ditawarkan ITB itu adalah berbentuk pinjaman pendidikan atau yang biasa disebut student loan. Dirangkum dari berbagai sumber, student loan merupakan pinjaman dana khusus berbunga rendah untuk membantu para pelajar untuk membayar biaya pendidikan mereka.

Setelah penerima student loan lulus, mereka wajib mengembalikan uang yang dipinjam itu ke pemerintah. Pelunasan pinjaman itu bisa berjalan sampai hitungan tahun. Umumnya student loan baru terdapat di beberapa negara luar.

Sementara itu, beberapa tahun belakangan ini beberapa perbankan mulai menyediakan student loan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bank BRI

BRI menyediakan pinjaman pendidikan atau student loan yang diberi nama Briguna Flexi Pendidikan. Pinjaman itu diperuntukkan bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) atau swasta (PTS) dengan bunga 0,65-0,72 per bulan. Program itu hanya diberikan kepada mahasiswa S-1, S-2 dan S-3 yang sudah memiliki penghasilan tetap. Adapun tenor pinjaman mulai dari 5 tahun hingga 10 tahun.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki produk kredit pendidikan yang ditujukan kepada mahasiswa penerima program Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi (Bidikmisi) jenjang S-1, S-2, dan S-3 Universitas Gadjah Mada. Struktur kredit khusus itu didesain untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Pinjaman pendidikan dari Bank Mandiri limitnya kredit sesuai kebutuhan akademik, suku bunga rendah, pembayaran berjenjang sesuai pola pendapatan dunia kerja, serta fleksibilitas pemanfaatan untuk pembelian alat penunjang pendidikan seperti laptop dan sejenisnya.

Dilansir dari laman Bank Mandiri, kredit pendidikan merupakan respons terhadap arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu agar potensi konsumsi masyarakat sebaiknya diarahkan kepada hal–hal yang bersifat produktif, termasuk jasa pendidikan.

3. BTN

BTN punya student loan dengan suku bunga 6,5% per tahun, masa tenor hingga lima tahun dengan nilai kredit maksimal Rp 200 juta. Student loan BTN hanya diperuntukkan bagi nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) hingga Kredit Agunan Rumah (KAR).

Dana pinjaman itu bisa digunakan untuk kebutuhan beragam biaya pendidikan mulai dari biaya masuk, biaya daftar ulang, dan biaya pendidikan lainnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #mengenal #student #loan #perbankan #yang #sediakan #pinjaman #pendidikan

KOMENTAR