Launching APN 2024, Apkasi Dorong Serapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri
Suasana Launching Apkasi Procurement Network 2024 (APN 2024) (Istimewa)
20:36
25 Januari 2024

Launching APN 2024, Apkasi Dorong Serapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) resmi melaunching kegiatan Apkasi Procurement Network 2024 atau APN 2024. Kegiatan berlangsung di Merak Room, JCC Senayan Jakarta, Kamis (25/01/2024).

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengungkapkan kegiatan launching APN 2024 ini merupakan langkah kongkrit Apkasi dalam mendorong serapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP).

Sarman menambahkan, kegiatan yang menjadi agenda tahunan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang pada tahun 2022 menyerukan agar semua instansi pemerintah membeli dan terus menggunakan produk dalam negeri, baik di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD dalam memenuhi kebutuhannya melalui proses PBJP.

Seperti diketahui, PBJP yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pinjaman, hibah dan pola kerja sama dengan pemerintah
wajib menggunakan produk dalam negeri.

"Pemerintah terus mendorong optimalisasi TKDN, yang merupakan persentase dari nilai komponen produksi untuk berbagai produk yang dibuat di dalam negeri, baik berupa jasa dan barang, atau penggabungan dari kedua hal tersebut," imbuh Sarman.

Ia pun menambahkan. salah satu bentuk dukungan tersebut, Apkasi akan menyelenggarakan APN 2024 pada 21-22 Mei 2024 bertempat di Cendrawasih Room, Balai Sidang Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta.

"Tentu saja peserta yang akan mengikuti APN adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen tinggi untuk mendukung kebijakan dan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN," sambung Sarman.

Sarman menambahkan, target-target P3DN, termasuk percepatan sertifikat TKDN, tentu akan mudah tercapai jika terjadi kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat.

"Adanya goodwill dari segenap stakeholders yang tercermin dari keberpihakan terhadap produk dalam negeri menjadi faktor pendorong utama implementasi secara menyeluruh Program P3DN," pungkas Sarman.

 

 

 

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #launching #2024 #apkasi #dorong #serapan #tingkat #kandungan #dalam #negeri

KOMENTAR