Ekonom Proyeksikan BI Bakal Pangkas Suku Bunga 25 Basis Poin Lagi Oktober Mendatang
Ilustrasi: Bank Indonesia. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
22:27
26 September 2024

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Pangkas Suku Bunga 25 Basis Poin Lagi Oktober Mendatang

Bank Indonesia (BI) diproyeksikan akan kembali memangkas suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 basis poin pada Oktober 2024. Bahkan, penyesuaian suku bunga ini pun diperkirakan berlanjut hingga 2025 mendatang.   "Paling tidak kalau untuk ahead the curve di Oktober itu ada ruang kemudian memangkas suku bunga acuannya lagi sebesar 25 basis," kata Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro dalam Media Gathering APBN 2025, di Anyer, Banten, Kamis (26/9).   Lebih lanjut, Andry mengatakan, untuk tahun depan BI juga akan kembali memangkas suku bunganya sebesar 75 basis poin. Pertimbangan ini sejalan dengan pemangkasan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed sebesar 100 bps pada 2024.  

  "Paling tidak akan ada ruang kemudian BI memangkas lagi paling tidak 50 basis minimal 50 sampai 75 basis rate cut di 2025 nanti untuk BI," lanjutnya.   Andry juga membeberkan bahwa Bank Sentral Amerika Serikat (AS) diproyeksikan bakal kembali memangkas suku bunganya sebanyak dua kali pada tahun ini. Berdasarkan konsensus market pemangkasan 25 bps masing-masing akan dilakukan pada November dan Desember.   "Ini kalau berdasarkan konsensus. Artinya akan ada paling tidak total 100 basis pemangkasan dari Fed Fund Rate di tahun ini," bebernya.   Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 17-18 September 2024 memutuskan untuk menurunkan BI-Rate sebesar 25 bps menjadi 6,00 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 5,25 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,75 persen.  

  Keputusan ini konsisten dengan tetap rendahnya prakiraan inflasi pada tahun 2024 dan 2025 yang terkendali dalam target 2,5±1 persen, penguatan dan stabilitas nilai tukar Rupiah, serta perlunya upaya untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi.   Ke depan, Bank Indonesia terus mencermati ruang penurunan kebijakan suku bunga sesuai dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah, nilai tukar Rupiah yang stabil dan cenderung menguat, serta pertumbuhan ekonomi yang perlu terus didorong agar lebih tinggi. Kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran juga terus diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #ekonom #proyeksikan #bakal #pangkas #suku #bunga #basis #poin #lagi #oktober #mendatang

KOMENTAR