Siapa yang Mencetuskan Ide Little Bangkok Tanah Abang, Ini dia Sosoknya
Pedagang menjual pakaian secara daring melalui sosial media Tik-tok Live di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (19/9/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
20:21
21 Januari 2024

Siapa yang Mencetuskan Ide Little Bangkok Tanah Abang, Ini dia Sosoknya

Sudahkah Anda mengetahui tentang konsep Little Bangkok yang belakangan diusung di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, Tanah Abang? Konsepnya yang unik membuat orang bertanya-tanya siapa yang mencetuskan ide Little Bangkok Tanah Abang ini.

Konsep unik ini diusung karena pengelola Tanah Abang merasa bahwa tren untuk belanja ke area tersebut sedang tinggi, dan ada sisi unik yang disukai masyarakat Indonesia. Maka untuk mendekatkan Bangkok dengan masyarakat, konsep ini kemudian diangkat.

Latar Belakang dari Konsep LIttle Bangkok

Peluang untuk konsep ini sebenarnya dijelaskan secara langsung oleh Building Manager Pusat Grosir Metro Tanah Abang, Petersen Tindao. Ia dan tim menjadi orang-orang yang berperan besar dalam membawa konsep ini dan diadaptasikan di Tanah Abang.

Bangkok menjadi salah satu area yang ramai dikunjungi warga negara Indonesia, dengan tujuan berbelanja. Pengalaman yang didapatkan dikatakan sangat unik, sehingga membuat minat belanja semakin tinggi.

Area belanja di Bangkok jauh dari istilah online. Semua barang dan produk dijajakan rapi di area tersebut, dengan pelayanan langsung dari penjaga toko yang menyenangkan. Suasana dan vibe ini yang kemudian ingin dihadirkan di Indonesia.

Selain itu salah satu yang melatarbelakangi munculnya Little Bangkok adalah tren jasa titip atau jastip, yang marak di kalangan masyarakat Indonesia. Varian produk yang benar-benar banyak sangat menarik untuk banyak orang yang tidak bisa ke Bangkok, tapi ingin memiliki produk tersebut.

Tidak heran dengan konsep baru ini, banyak yang berpendapat Tanah Abang akan kembali masuk ke era kejayaannya, setelah pandemi dan era belanja online membawa dampak yang tidak terlalu baik untuk pusat perbelanjaan ini.

Omzet Meningkat dan Pengunjung Kian Ramai

Tidak sedikit yang kemudian mensyukuri konsep baru ini, karena menilai omzet yang didapatkan lebih besar. Hal ini bersamaan dengan peningkatan jumlah pengunjung yang datang dengan berbagai tujuan.

Tak sedikit orang yang hanya datang ke Little Bangkok sekedar ingin merasakan pengalaman hadir dan vibe yang ditawarkan oleh tempat ini. Meski demikian terbukti dengan peningkatan omzet, jumlah transaksi yang terjadi juga meningkat.

Hal ini disyukuri oleh penjual dan pemilik lapak di sana, dan dinilai akan jadi momen kebangkitan Tanah Abang ke era kejayaannya selepas pandemi.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #siapa #yang #mencetuskan #little #bangkok #tanah #abang #sosoknya

KOMENTAR