Menjelajahi Pesona Tahura Raden Soerjo dengan Gugusan Gunung dan Air Terjun
TINGGI: Bukit Watu Jengger juga menjadi salah satu objek andalan di Tahura Raden Soerjo. Peminatnya adalah wisatawan yang bertualang. (JAWA POS RADAR MOJOKERTO)
13:42
4 Mei 2024

Menjelajahi Pesona Tahura Raden Soerjo dengan Gugusan Gunung dan Air Terjun

Kawasan hutan yang berada di wilayah gugusan tiga gunung ini, yakni Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro, menyimpan potensi wisata yang begitu luar biasa. Tak heran jika destinasi ini tengah dikembangkan secara serius.

DARI sisi wilayah administratif, kawasan Tahura Raden Soerjo terbentang di lima wilayah. Meliputi Mojokerto, Malang, Jombang, Pasuruan, dan Kota Batu.

Kawasan berupa hutan lindung dan cagar alam Arjuno-Lalijiwo yang luasnya lebih dari 27 hektare lebih ini dikelola oleh Pemprov Jatim. Melalui unit pelaksana teknis (UPT) di bawah dinas kehutanan.

Awalnya, tahura ini ditetapkan sebagai kawasan lindung yang dilestarikan. Namun, dalam perjalanannya, UPT Tahura Raden Soerjo mulai mengembangkan pemanfaatan kawasan ini. Salah satunya diejawantahkan melalui penggalian potensi wisata alam.

SAJIAN ALAM: Air Terjun Watu Lumpang di kawasan Tahura Raden Soerjo memiliki daya tarik berupa aliran air terjun yang berjajar. (JAWA POS RADAR MOJOKERTO)

”Salah satu dari fungsi konservasi adalah pemanfaatan lingkungan. Wisata alam kami munculkan setelah melihat ada potensi,” kata Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi dihubungi Jawa Pos Radar Mojokerto, Jumat (26/4).

Kini, sejumlah objek wisata bermunculan di sana. Di Mojokerto, beragam destinasi wisata tahura itu kini menjadi jujukan pelancong. Destinasi wisata yang pesonanya telah diakui antara lain Air Terjun Watu Ondo.

Objek yang berada di Desa/Kecamatan Pacet tersebut memiliki daya tarik luar biasa. Yakni pemandangan air terjun yang saling berhadapan dengan tinggi sekitar 15 meter dan 69 meter, dipadu dengan ”payung alam” berupa rimbun hutan. Objek wisata ini mudah diakses karena berada di jalur alternatif Mojokerto–Batu.

Masih di jalur yang sama, ada satu lagi destinasi yang popularitasnya mulai merangkak. Yakni wisata Air Terjun Watu Lumpang. Sama, destinasi ini memiliki panorama yang tak kalah menawan.

Tak hanya bertema air terjun, objek wisata yang juga bisa didatangi di kawasan Tahura Raden Soerjo adalah wisata gunung dan bukit. Di antaranya adalah Gunung Pundak dan Gunung Cendoro di Kecamatan Pacet.

GANDA: Air Watu Ondo di jadi maskot Tahura Raden Soejo berkat sajian dua hari terjun yang berada di tengah-tengah rimbunnya hutan alami. (JAWA POS RADAR MOJOKERTO)

Selain itu, traveler juga bisa menjajal sensasi mendaki Puncak Watu Jengger di Kecamatan Jatirejo, sebuah bukit yang mirip punggung kuda dikelilingi gugusan pegunungan.

Jika ingin mencari suasana lain di luar ”100 persen sajian alam”, wisatawan Tahura Raden Soerjo juga bisa datang ke objek wisata yang sudah dilengkapi wahana lain. Contohnya objek wisata Petung Sewu di Kecamatan Pacet. Di sana sudah dilengkapi sejumlah spot foto hingga camping ground dengan latar belakang panorama Gunung Welirang dan air terjun. ”Secara bertahap, penambahan fasilitas maupun wahana juga dilakukan di sejumlah objek wisata lain,” ungkapnya. (adi/fen/c17/ris)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #menjelajahi #pesona #tahura #raden #soerjo #dengan #gugusan #gunung #terjun

KOMENTAR