Pesona Wisata dan Daya Tarik Objek Wisata Pantai Lovina Bali, Ini 3 Tempat Menarik di Sekitar Wisata
Wisata Pantai Lovina Bali. (Sumber foto : Kemenkeu.go.id)
15:35
15 Januari 2024

Pesona Wisata dan Daya Tarik Objek Wisata Pantai Lovina Bali, Ini 3 Tempat Menarik di Sekitar Wisata

Jawapos.com – Lovina atau dikenal juga dengan nama Lovina atau Pantai Lovina merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang ada di Bali bagian utara.

Pantai di Lovina di Bali utara ini tentu menarik karena relatif masih asli. Keistimewaan dari pantai ini adalah anda dapat mengamati lumba-lumba liar di laut.

Selain daya tarik dapat melihat lumba-lumba, kita dapat menikmati tempat-tempat menarik yang ada di dekat lokasi Pantai Lovina. Berikut 3 tempat menarik di sekitar wisata :

1. Air Panas Banjar

Berdasarkan bulelengkab.go.id, Pemandian Air Panas Banjar merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata pemandian air panas di Bali yang terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng yang bisa Anda dan wisatawan lainnya kunjungi.

Sumber air panasnya berasal dari sumber air panas alami dan diyakini banyak orang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti kudis, kutu air, panu, dan panu.

Begitu pula air ini juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit karena kandungan belerangnya.

Air Panas Banjar berada di Desa Banjar, Kabupaten Buleleng yang berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Singaraja.

2. Wihara Budha Brahmavihara-Arama

Jika Anda berwisata ke Bali, pastikan untuk mengunjungi Vihara, atau candi Budha bernama Brahmavihara Arama yang terletak di Kabupaten Buleleng Bali. Brahmavihara Arama merupakan tempat ibadah Budha terbesar di Bali.

Biara ini sangat sepi dan menonjolkan keindahan Pantai Lovina. Setiap panggung ditulis tentang nilai-nilai kehidupan dan Anda dapat melihat miniatur Candi Borobudur.

3. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit di Buleleng dikenal sebagai “surga tersembunyi” di Bali utara. Popularitas air terjun ini karena keindahannya yang mempesona.

Air terjun setinggi 48 meter ini memiliki air yang jernih dan segar. Selain itu juga terdapat suasana hutan tropis yang tenang dan damai.

Sesampainya di parkiran objek wisata ini, Anda perlu berjalan kaki kurang lebih 50 meter menuju loket tiket masuk. Dalam perjalanan menuju loket tiket, Anda akan mengagumi pemandangan persawahan pedesaan dan melewati beberapa perkebunan cengkeh dan kopi, menjadikannya tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan Anda.

Daya tarik Pantai Lovina yang paling terkenal adalah kesempatan melihat lumba-lumba melompat ke laut lepas dengan perahu nelayan dari dekat.

Tentu saja mengamati lumba-lumba di lautan terbuka akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Pasir hitam Pantai Lovina masih alami dan menarik untuk dikunjungi. Hal yang menarik dari Pantai Lovina adalah wisata ke tengah laut di Lovina.

Lumba-lumba dapat terlihat di laut Lovina, sekitar 1 km dari pantai. Perairan Bali di perairan Lovina relatif tenang, sehingga Anda bisa menjelajah laut dengan perahu nelayan.

Wisatawan biasanya berkumpul di pantai sekitar pukul 05.30 WITA dan menuju ke laut. Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk tur ini.

Perjalanan dimulai dengan perahu kecil yang mampu menampung hingga 4 orang, tidak termasuk para nelayan.

Perahu melanjutkan perjalanan sekitar 1-2 kilometer ke lepas pantai, tempat biasanya lumba-lumba muncul.

Sambil berlayar, Anda bisa menikmati pemandangan laut yang luas, dan saat kapal menjauh dari daratan, Anda bisa melihat siluet Lovina di kejauhan. Sesampainya di tengah lautan, nelayan mengikuti tempat-tempat yang sering muncul lumba-lumba.

Dan ketika sekelompok lumba-lumba melompat, nelayan akan memberitahukan perahu lain di sekitarnya, menyebabkan perahu tersebut melaju kencang untuk menangkap kawanan lumba-lumba tersebut.

Beberapa wisatawan tidak dapat melihat lumba-lumba. Hal ini tergantung dari faktor alam seperti pasang surut air laut, arah angin, dan tentunya keberuntungan melihat lumba-lumba liar.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #pesona #wisata #daya #tarik #objek #wisata #pantai #lovina #bali #tempat #menarik #sekitar #wisata

KOMENTAR