29 Ide Kencan Terbaik yang Bikin Kamu dan Pasangan Semakin Langgeng, dari Lomba Masak hingga Tour Keliling Kota
Pasangan yang sedang kencan menikmati kesegaran alam. (pexels/Tirachard Kumtanom)
12:07
13 September 2024

29 Ide Kencan Terbaik yang Bikin Kamu dan Pasangan Semakin Langgeng, dari Lomba Masak hingga Tour Keliling Kota

 

 Kencan yang berkesan bisa mempererat hubunganmu dengan pasangan. Tidak perlu hal yang mewah atau rumit, yang penting adalah kebersamaan. Beberapa ide kencan sederhana bisa menjadi momen tak terlupakan.

Mulai dari aktivitas yang seru hingga yang santai, pilihan kencan beragam. Kamu bisa memilih sesuai dengan minat dan suasana hati. Penting untuk menikmati setiap detik kebersamaan.

Hubungan yang kuat terbangun dari momen-momen kecil yang berarti. Maka, jangan ragu untuk mencoba berbagai ide kencan baru. Kalian bisa menemukan sisi lain dari satu sama lain.

Apakah kamu siap membuat hubunganmu semakin langgeng? Mari jelajahi ide kencan terbaik yang pasti akan membuat kalian semakin dekat. Dilansir dari www.fidelity.com pada Kamis, (12/9), inilah ide kencan terbaik yang murah dan tidak memakan biaya banyak.

1. Nikmati Pertunjukan Teater Komunitas

Menonton pertunjukan selalu menjadi pilihan kencan klasik. Namun, kamu tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk menikmati budaya. Carilah informasi online atau di publikasi lokal mengenai teater komunitas atau sekolah yang mungkin sedang mengadakan pertunjukan. 

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk mendukung seni di daerahmu tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Tiket seringkali murah atau bahkan gratis.

2. Jelajahi Rumah-Rumah yang Dijual

Mengunjungi open house bisa menjadi hiburan menarik, meski kamu belum siap membeli rumah. Kamu akan mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana tetanggamu tinggal dan berdiskusi secara pribadi tentang bagaimana kalian akan mempercantik rumah tersebut. 

Cobalah membuat cerita imajinatif tentang keluarga yang tinggal di sana dan bagaimana mereka menggunakan setiap ruangan. Bonusnya, mungkin ada camilan gratis!

3. Gelar Lomba Masak dari Bahan di Dapur

Ingin makan malam hemat? Ubah kegiatan memasak menjadi tantangan seru dengan hanya menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Kamu bisa meniru acara TV populer dengan memberikan beberapa bahan acak kepada pasanganmu dan melihat hidangan kreatif apa yang bisa mereka buat. 

Apapun aturan permainan yang kamu tentukan, kamu akan mendapat makan malam murah yang mungkin juga membantu mengurangi pemborosan makanan. Tidak ada jaminan tentang rasa makanannya, tapi pasti akan menyenangkan!

4. Kenang Kembali Pesan, Email, atau Postingan Media Sosial Lama

Di rumahmu atau rumah pasanganmu, kembalilah ke masa lalu dan lihat postingan atau pesan lama yang bisa kamu temukan. Telusuri feed milikmu atau pasanganmu, lalu lakukan pembacaan dramatis. Mungkin kamu akan merasa malu, tapi kemungkinan besar kamu akan tertawa melihat dirimu dari masa lalu.

5. Mencoba Meracik Minuman Soda

Air soda bisa menjadi topik yang kontroversial. Orang cenderung memiliki merek dan rasa favorit mereka. Dengan membeli berbagai air soda kalengan (yang harganya biasanya di bawah Rp15.000 per kaleng), kamu bisa membuat turnamen untuk menentukan air soda terbaik. 

Nikmati belanja, menyusun pertandingan, dan mencicipi setiap minuman yang menyegarkan. Buatlah lembar penilaian yang mendetail untuk setiap minuman, menilai berdasarkan faktor-faktor seperti kesegaran dan kekuatan rasa.

6. Mengikuti kegiatan Relawan

Ingin kencan yang benar-benar membuat hati merasa baik? Pertimbangkan untuk berkontribusi bersama. Kalian bisa membagi kencan ini menjadi dua bagian dengan masing-masing memilih sebuah tujuan sosial dan menghabiskan beberapa jam untuk menjadi relawan.

Dengan cara ini, kamu bisa menunjukkan sesuatu yang sangat kamu pedulikan kepada pasanganmu dan juga merasakan pengalaman yang penting bagi mereka.

7. Jelajahi Galeri Seni

Mengunjungi galeri seni lokal bisa menjadi petualangan menarik. Karya-karya seniman baru sering kali dipamerkan di galeri ini. Banyak galeri seni yang gratis, dan yang berbayar sering kali memiliki hari masuk gratis. 

Pameran seni bisa menjadi bahan percakapan yang menyenangkan. Jika kamu punya waktu lebih, susunlah rencana untuk mengunjungi beberapa galeri sekaligus dalam satu hari.

8. Buat Playlist Spesial

Ada playlist biasa, dan ada playlist yang benar-benar spesial. Luangkan waktu untuk menyusun playlist yang sempurna bersama pasanganmu. 

Kumpulkan lagu-lagu favorit dari masa sekolah menengah hingga kuliah. Buat playlist bersama, dan buat juga playlist khusus untuk satu sama lain. Simpan playlist ini untuk perjalanan berikutnya.

9. Sarapan di Luar

Ingin kencan yang berbeda? Cobalah keluar untuk sarapan. Sarapan biasanya adalah makanan termurah yang bisa kamu dapatkan di restoran. Banyak menu sarapan yang harganya di bawah Rp100.000. Selain itu, sarapan jarang melibatkan minuman beralkohol, yang bisa menghemat pengeluaranmu.

10. Piknik di Taman

Piknik adalah ide kencan klasik yang tidak pernah gagal. Ini memberikan sentuhan baru pada makan bersama. Keuntungan lain dari piknik adalah fleksibilitasnya. Kamu bisa membuatnya romantis dengan anggur dan bunga mawar, atau lebih santai dengan nachos dan soda. Jangan lupa membawa selimut untuk duduk bersama.

11. Buat Kapsul Waktu

Kehidupanmu mungkin akan berubah drastis dalam 5, 10, atau 20 tahun ke depan. Namun, itu bukan alasan untuk melupakan momen spesial hari ini. Buatlah kapsul waktu bersama pasanganmu untuk dibuka di masa depan. 

Masukkan barang-barang yang mengingatkanmu pada lelucon atau kenangan bersama. Kamu bisa menyertakan menu takeaway favorit, foto rumah saat ini, atau koin dari tahun ini. Jangan lupa sertakan surat untuk dirimu di masa depan atau untuk pasanganmu.

12. Nikmati Bintang-Bintang

Jadilah "star-crossed lovers" dalam arti yang baik. Kunjungi tempat yang tenang jauh dari cahaya kota dan arahkan pandanganmu ke langit. 

Bawa camilan, minuman, dan teropong jika punya. Unduh aplikasi pencari bintang untuk membantu mengidentifikasi rasi bintang. Diskusikan tanda astrologimu, jika kamu suka. Atau, cukup diam dan terpesona oleh keindahan luar angkasa.

13. Rencanakan Maraton Film

Buat pengalaman bioskop di rumah yang nyaman dengan menonton film sepanjang malam, atau bahkan sepanjang hari. Kamu bisa memilih film favorit masing-masing.

Menonton satu seri dari awal hingga akhir, atau memilih film berdasarkan tema tertentu. Bisa film liburan, horor, atau film pertama yang kamu tonton dengan rating PG-13.

14. Berjalan di Alam Terbuka

Sambut keindahan alam sekaligus tunjukkan sisi petualanganmu dengan mendaki. Cari tahu biaya masuk taman dan parkir sebelum pergi, karena itu bisa berbeda-beda. Pilihlah jalur yang sesuai dengan tingkat kebugaran kalian berdua.

15. Jelajahi Tempat Buku

Habiskan sore dengan menelusuri buku di perpustakaan atau toko buku lokal. Bagikan buku favoritmu dan temukan yang baru bersama. Pinjam atau beli buku untuk satu sama lain, lalu diskusikan saat kencan berikutnya.

16. Gelar Peragaan Busana Vintage

Masih punya gaun prom atau jaket almamater sekolahmu? Mungkin bahkan seragam pramuka lama? Keluarkan pakaian lamamu dan adakan peragaan busana.

Setiap potong pakaian mungkin memunculkan cerita tak terduga yang bisa dibagikan. Plus, kamu mungkin menemukan kembali barang yang kembali menjadi tren dan bisa dipakai sehari-hari.

17. Gambar Pohon Keluarga

Jika kamu pernah berkencan dengan seseorang yang memiliki keluarga besar, kamu pasti tahu betapa sulitnya mengingat nama dan hubungan setiap orang. Namun, menuliskannya bisa membantu melacak semuanya—dan juga belajar lebih banyak tentang mereka. Minta pasanganmu untuk berbagi kenangan atau fakta menarik tentang setiap kerabat. Lalu, lakukan hal yang sama untuk keluargamu.

18. Buat Pizza Sendiri

Buat kreasi di dapur dengan memasak pizza buatan sendiri bersama. Pilih berbagai topping—atau, untuk alternatif yang lebih hemat, gunakan bahan-bahan yang ada di dapur, baik yang tradisional maupun yang tidak biasa. Bisa menyenangkan membuat pizza untuk satu sama lain dan menobatkan pemenang dengan pizza terbaik.

19. Nikmati Pasar Petani Lokal

Jelajahi pasar petani di dekatmu untuk menikmati makanan segar dan suasana yang asyik. Mungkin ada musisi yang bermain, orang-orang yang asyik untuk diajak ngobrol, dan mungkin juga anjing-anjing yang lucu.

Mintalah sampel gratis dari penjual atau tanyakan apakah mereka memiliki produk yang masih bagus tetapi bentuknya tidak sempurna dengan harga diskon. Kamu juga bisa membeli bahan-bahan untuk makan malam sederhana yang bisa dimasak bersama nanti—biasanya lebih murah daripada makan di luar, tapi bisa sama enaknya.

20. Nikmati Konser di Rumah

Rasakan keajaiban musik live tanpa harga tiket yang mahal dengan menonton konser yang disiarkan langsung atau rekaman konser. Ciptakan suasana dengan pencahayaan redup dan kenakan kaos konser. Cobalah mendengarkan band baru, siapa tahu kamu dan pasangan menemukan grup favorit baru. Bisa jadi ini awal dari rencana kencan masa depan untuk menonton mereka live.

21. Nikmati Seharian di Museum

Banyak museum menawarkan hari gratis untuk semua orang atau kelompok tertentu, seperti pelajar atau penduduk kota. Manfaatkan kesempatan ini. 

Jelajahi pameran dan baca papan informasi dengan suara seperti pemandu museum. Pada hari gratis untuk umum, datanglah lebih awal untuk menghindari keramaian.

22. Bernyanyi Sepuasnya di Rumah

Bawa pengalaman karaoke bar ke rumah dengan mengadakan malam bernyanyi bersama. Buat daftar lagu favorit, cari liriknya online, siapkan mikrofon, dan lepaskan semua energi. Soraki pasanganmu saat mereka menyanyikan lagu kesukaan mereka. Jangan lupa, masukkan beberapa duet untuk dinyanyikan bersama.

23. Berburu Harta Karun di Toko Barang Bekas

Jalan-jalan ke toko barang bekas dan tantang pasangan untuk menemukan barang paling unik dengan anggaran tertentu. Atau, pilihkan satu sama lain pakaian dari toko tersebut. Meski tak membeli apa pun, mencoba pakaian yang aneh di toko bisa mengisi kencan ini dengan tawa.

24. Mainkan Berbagai Permainan

Bukan permainan pikiran, tapi permainan papan klasik, kartu, atau video game. Kamu bisa bermain beberapa putaran dari satu permainan untuk melihat siapa yang paling jago. Atau, cobalah berbagai permainan untuk mencari siapa yang jadi juara sejati.

25. Mengamati Burung

Waktu bisa terasa terbang saat kamu asyik mengamati burung. Bawa teropong dan buku panduan jika ada, atau unduh aplikasi yang bisa membantu mengenali burung berdasarkan penampilan atau suara. 

Kunjungi forum pengamat burung lokal untuk mendapatkan ide tentang tempat terbaik dan informasi tentang burung yang mungkin terlihat. Ajak pasangan untuk berkompetisi mengenali burung terbanyak.

26. Berburu Geocache

Lakukan perburuan harta karun di luar ruangan dengan geocaching, yaitu mengikuti koordinat GPS ke tempat-tempat tersembunyi, biasanya tempat terdapat kontainer atau penanda lainnya. Ini bisa membawamu ke bagian lingkungan yang belum pernah dikunjungi. 

Beberapa geocache terbaik memiliki teka-teki rumit dalam menemukan tempat yang tersembunyi itu. Temukan geocache di daerahmu melalui situs web atau aplikasi khusus geocaching.

27. Berkemah di Halaman Rumah

Jika rumah atau apartemenmu memiliki ruang yang cukup, rencanakan malam berkemah di luar. Dirikan tenda dan keluarkan bantal serta selimut untuk membuatnya lebih nyaman. Ceritakan kisah seram (atau yang tidak terlalu seram), pandangi bintang, dan nikmati kesederhanaan di alam terbuka sambil tetap dekat dengan kamar mandi. 

Jika diperbolehkan membuat api unggun kecil, panggang marshmallow dan buat s'mores untuk menambah sentuhan manis pada malam itu. Jika tidak, masukkan marshmallow ke dalam microwave dan nikmati di luar.

28. Ajak Pasangan Tur Personal

Untuk kencan yang istimewa, buat rute yang menghubungkan berbagai tempat bermakna dan jadilah pemandu tur bagi pasanganmu. Kunjungi kampung halamanmu, jika dekat, dan ajak pasangan ke sekolah dasar atau tempat dulu kamu bermain olahraga.

Kencan selanjutnya, kamu bisa melakukan hal yang sebaliknya. Jika pasanganmu pernah tinggal lama di suatu tempat, biarkan mereka menjadi pemandu tur "mereka" untuk kencan berikutnya.

29. Jadi Turis di Kotamu

Orang lokal cenderung menghindari tempat wisata. Tapi biasanya ada alasan mengapa orang dari luar kota berbondong-bondong ke tempat-tempat ini.

Cari tahu secara online apakah ada tur jalan kaki gratis di daerahmu dan jadilah turis untuk sehari. Kamu dan pasangan bisa membuat persona palsu, berpura-pura baru pertama kali berkunjung, dan mengajukan pertanyaan lucu tentang situs yang dikunjungi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kencan #terbaik #yang #bikin #kamu #pasangan #semakin #langgeng #dari #lomba #masak #hingga #tour #keliling #kota

KOMENTAR