Harvey Moeis Ditahan, Sandra Dewi Sempat Ucap Setiap Hari Dapat Upeti, Imbas Hoby Suami Beramal
Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi tersangka kasus dugaan korupsi timah. Sandra Dewi mengaku sering mendapat hadiah dari teman-teman Harvey, bahkan dia mengibaratkan rumahnya bak menerima upeti atas kebaikan amal suami. 
12:21
30 Maret 2024

Harvey Moeis Ditahan, Sandra Dewi Sempat Ucap Setiap Hari Dapat Upeti, Imbas Hoby Suami Beramal

- Aktris Sandra Dewi pernah dibuat heran hoby Harvey Moeis. Suaminya yang kini dipenjara karena kasus korupsi di PT Timah ini sangat suka beramal.

Bahkan kebaikan sang suami ini, menurut Sandra Dewi  sangat terasa. Rumahnya bak penampung upeti karena kebaikan sang suami. 

Sandra Dewi sempat protes pada Harvey Moeis karena kebaikan suaminya, yang tak pernah perhitungan saat membantu orang lain.

Diakui Sandra, berkat kebaikan hati Harvey itu berimbas pada keluarganya.

Menurut Sandra Dewi, ia sering mendapat hadiah dari teman-teman Harvey, bahkan dia mengibaratkan rumahnya bak menerima upeti atas kebaikan amal suaminya. 

"Tapi memang, setiap hari gue di rumah kayak dapat upeti. Orang kasih kita makanan, barang, benar-benar yang kalau teman-temannya Harvey benar-benar yang ikhlas, enggak perlu diposting," ucap Sandra.

Kebiasaan beramal Harvey Moeis ini diketahui Sandra Dewi saat wabah covid-19 melanda. 

Foto Sandra Dewi bersama suaminya Harvey Moeis (kiri). Foto Harvey Moeis usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi timah oleh Kejagung. Foto Sandra Dewi bersama suaminya Harvey Moeis (kiri). Foto Harvey Moeis usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi timah oleh Kejagung. (Kolase Tribunnews)

Selama ini, bintang film Quickie Express itu mengaku memang tak pernah ikut campur dengan pekerjaan Harvey.

"Gue sama Harvey ini enggak terlalu ikut campur urusan pekerjaannya dia," kata Sandra Dewi dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network.

Itu sebabnya, Sandra baru tahu kalau suaminya suka memberikan bantuan pada orang lain karena saat itu sedang masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Karena di masa PSBB yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 itu, suami Sandra Dewi menghabiskan sebagian besar waktu di rumah.

"Mungkin, kalau dia di kantor, kadang-kadang gue enggak tahu dia beramal sama siapa," ujar Sandra Dewi.

"Kalau di rumah kan gue jadi tahu. Ada yang telepon minta bantuan apa, gue jadi tahu. 'Hah gila banyak banget, kita besok-besok makan apa?'" imbuh Sandra.

Saat tahu suaminya sering membantu dalam jumlah yang menurutnya tak masuk akal, Sandra Dewi mengaku terkejut.

"Kenapa dia kalau nolongin orang tuh diluar batas kemampuan gue untuk...," ujar Sandra Dewi tak melanjutkan perkataannya.

"Makanya gue sering nanya, karena menurut gue, kebaikan dia itu udah enggak masuk logika gue lagi," sambungnya.

Tak hanya suka membantu orang yang membutuhkan bantuan, Harvey juga disebut oleh Sandra tak pernah pelit memberikan bonus pada karyawan-karyawannya.

Protes Sandra Dewi, Ingatkan Harvey Moeis Beramal Harus Ingat Anak

Itu juga alasan Sandra kemudian sering mengingatkan Harvey untuk boleh tetap beramal tapi harus juga mengingat bahwa mereka memiliki anak.

"Gue sering banget ingetin ke dia, kalau beramal, tuh, ingat-ingat punya anak dua, anak kita cowok," ucap Sandra.

"Hal kayak gitu pun akhirnya gue jadi tahu, ternyata dia banyak nolongin orang," imbuhnya.

Kasus korupsi tata niaga komoditas timah Izin Usaha Pertambangan (IUP) pada PT Timah di Bangka Belitung tahun 2015-2022 dengan kerugian negara Rp 271 trilun, makan korban baru, suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis (HM) ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung), Rabu (27/3/2024) malam. Kasus korupsi tata niaga komoditas timah Izin Usaha Pertambangan (IUP) pada PT Timah di Bangka Belitung tahun 2015-2022 dengan kerugian negara Rp 271 trilun, makan korban baru, suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis (HM) ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung), Rabu (27/3/2024) malam. (Kolase Tribunnews/Ist)

Menurut Sandra, alasan Harvey tak pernah perhitungan saat membantu orang lain karena suaminya itu yakin suatu saat seandainya kedua anaknya membutuhkan bantuan, orang-orang yang kini dibantunya, kelak bisa membantu kedua putranya.

"Dan, menurut dia, apa yang dia berikan, kebaikan itu akan dituai sama anak-anaknya," ucap Sandra.

"Dia penginnya one day ketika anak-anak besar nanti, dia yakin, orang-orang yang pernah dia bantu akan membantu anaknya juga kalau anaknya amit-amit butuh bantuan dan kita enggak bisa bantu," sambungnya.

Dan niat Harvey itu pun seolah terjawab. Tuhan memberikan balasan berlipat-lipat. 

"Memang apa yang diberikan ke orang-orang itu benar-benar kita dapetin itu memang terjadi. Tuhan memang membalas berkali-kali lipat, makanya dia (Harvey) bilang, dia tidak akan pernah mikir dua kali untuk memberi," sambungnya.

Sandra Dewi diketahui menikah dengan suaminya Harvey Moeis di Disneyland Tokyo, Jepang pada 8 November 2016.

Dari pernikahan tersebut, Sandra dan Harvey dikaruniai dua orang anak laki-laki. Anak sulung Sandra Dewi diberi nama Raphael Moeis dan anak keduanya diberi nama Mikhael Moeis.

Menanti Nasib Sandra Dewi, Sang Artis Berpotensi Terseret dan Diperiksa

Bagaimana nasib Sandra Dewi setelah suaminya terseret kasus korupsi timah?

Praktisi hukum, Timothy Ezra Simanjutak kemudian buka suara terkait nasib sang artis.

Timothy Ezra menyebut bahwa Sandra Dewi berpotensi akan dipanggil untuk diperiksa terkait kasus korupsi timah yang menyeret Harvey.

Praktisi hukum nilai Sandra Dewi berpeluang menjadi tersangka atas kasus korupsi yang menyeret nama suaminya, Harvey Moeis. Praktisi hukum nilai Sandra Dewi berpeluang menjadi tersangka atas kasus korupsi yang menyeret nama suaminya, Harvey Moeis. (Kolase tribunnews)

"Potensi istri ataupun Sandra Dewi ini untuk diperiksa pasti ada," kata Timoty, dikutip dari YouTube Cumicumi, Jumat (29/3/2024).

Menurut Timothy, pihak yang berwenang akan mendalami apakah Sandra Dewi ikut menerima aliran dana korupsi timah.

"Karena bisa dicek mungkin apakah di PT itu dia sebagai pemegang saham atau apakah dia terima aliran dana? Itu kan bisa dirangkai nanti," paparnya.

Bahkan Timothy Ezra menyinggung perjanjian pranikah yang dibuat oleh Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

Melihat aliran dana dari Harvey, Timothy menilai bahwa peran Sandra Dewi juga patut dipertanyakan.

"Kalau melihat kasus ini, si istri ini kalau bersumber uangnya dari situ ya makanya tetap harus dilihat lagi perjanjian pranikah ini." ujar Timothy Ezra.

"Klausul-klausulnya harus dilihat, tapi kita asumsinya bahwa ini sumbernya tetap dari sini ya kena juga," tambahnya.

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #harvey #moeis #ditahan #sandra #dewi #sempat #ucap #setiap #hari #dapat #upeti #imbas #hoby #suami #beramal

KOMENTAR