Pernyataan Hak Jawab Mekari Atas Berita Dugaan Kebocoran Data Perusahaan di Tribunnews.com
Tangkap layar website Mekari Talenta. 
19:48
14 Agustus 2024

Pernyataan Hak Jawab Mekari Atas Berita Dugaan Kebocoran Data Perusahaan di Tribunnews.com

- PT Mid Solusi Nusantara (Mekari) menyampaikan perkembangan terbaru tentang dugaan kebocoran data berdasarkan pemberitaan Tribunnews berjudul  Kebocoran Data Kembali Terjadi, Kali Ini Diduga Menimpa PT MSBU Konsultan Indonesia yang tayang pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Dalam pernyataan tertulisnya yang dikirim ke redaksi Tribunnews hari ini, Mekari Talenta dan PT MSBU Konsultan Indonesia menyatakan sudah sepenuhnya menyelesaikan kasus dugaan kebocoran data tersebut.

Mekari menyatakan, dari proses investigasi Mekari Talenta tidak menemukan adanya security breach atau kendala di sistem Mekari.

"Kendala tersebut dipastikan disebabkan oleh faktor eksternal yang umum (external sources) seperti phishing, kata sandi yang lemah, dan infeksi malware pada perangkat pribadi," sebut Mekari.

Mekari Talenta kembali menganjurkan pelanggan-pelanggan untuk waspada akan phishing dengan mengambil langkah-langkah preventif, termasuk dengan menghindari lampiran mencurigakan, menginstal perangkat lunak anti-malware dan antivirus, serta memperbarui kata sandi secara teratur dengan yang kuat dan memastikan MFA (Otentikasi Multi-Faktor),

"Mekari Talenta turut menyoroti komitmen penuh kami untuk menjunjung tinggi privasi dan keamanan data, yang dibuktikan dengan pendekatan holistik terhadap privasi dan keamanan data melalui manajemen keamanan informasi, infrastruktur, protokol, serta otentikasi multi faktor yang kami terapkan," sebut Suwandi Soh, CEO Mekari.

Seperti diberitakan Tribunnews, dugaan kebocoran tersebut diduga terjadi pada data karyawan yang dikelola PT Mekari Talenta mengacu pada unggahan di LinkedIn.

Berikut pesan informasi yang beredar.

Halo, PT. MSBU KONSULTAN INDONESIA!

Kami datang dengan damai

Kami hanya ingin kalian mengetahui bahwa seluruh data pribadi pegawai PT. MSBU KONSULTAN INDONESIA telah kami ambil alih dan kami dijadwalkan untuk mempublikasikannya ke darkweb pada tanggal 12 Agustus 2024.

Namun, tidak perlu khawatir "KALIAN" dapat membatalkannya dengan memenuhi permintaan kami.

Jadi, mari kita bernegosiasi

Tim internal Mekari Talenta kemudian melakukan investigasi. Dalam pernyataan Mekari menyatakan pada 8 Agustus 2024, memang terjadi kebocoran data dari customer Mekari Talenta.

Namun, tim investigasi mengonfirmasi bahwa sistemnya aman dan tidak mengalami security breach. Insiden ini disebabkan oleh faktor eksternal seperti phishing, kata sandi lemah, atau malware.

Tag:  #pernyataan #jawab #mekari #atas #berita #dugaan #kebocoran #data #perusahaan #tribunnewscom

KOMENTAR