5 Fitur Baru WhatsApp, Sudah Tahu Semua?
Aplikasi WhatsApp [shutterstock]
15:24
14 Agustus 2024

5 Fitur Baru WhatsApp, Sudah Tahu Semua?

Meta memperkenalkan banyak fitur baru di WhatsApp sejak Juni 2024. Berfokus pada privasi dan keamanan pengguna, Meta meluncurkan lima fitur baru yang sepenuhnya mengubah penggunaan aplikasi perpesanan tersebut.

Dilansir dari Gearrice pada Rabu (14/8/2024), berikut ini lima fitur baru yang telah hadir di WhatsApp:

1. Mengetahui grup spam

Pengguna mungkin pernah ditambahkan ke grup asing secara tiba-tiba tanpa izin. Untungnya, WhatsApp menambahkan lebih banyak privasi dan memungkinkan pengguna mengetahui apakah suatu grup adalah spam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Rp 3 Jutaan Terbaik Agustus 2024, Performa Handal dan Sudah 5G

Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah keluar dari grup itu, tetapi juga memungkinkan untuk melaporkannya. Dengan cara ini, WhatsApp akan sadar bahwa grup tersebut melakukan pelanggaran dan kemungkinan besar akan diblokir.

2. Filter untuk obrolan favorit

Dalam desain baru, pengguna memiliki cara baru untuk melihat percakapan favorit. Filter yang disediakan kini akan mencakup “All”, “Groups”, “Favorites”, dan “Unread”.

Setiap filter memiliki fungsi yang jelas. Dari sana, pengguna juga dapat menandai beberapa obrolan sebagai telah dibaca sekaligus.

3. Transkrip audio

Baca Juga: Begini Cara Membuat Gold Notes di Instagram, Ubah Warna Pesan Jadi Emas

WhatsApp juga memungkinkan pengguna mengirim audio atau voice note. Namun, ada pengguna yang menyalahgunakannya, mengirimkan audio yang berdurasi beberapa menit dan terkadang sulit untuk didengarkan.

Meta akhirnya menambahkan transkrip audio ke teks dalam WhatsApp. Ini belum tersedia di Android, sedangkan WhatsApp versi iPhone menggunakan teknologi Apple untuk mengubah klip audio panjang tersebut menjadi teks.

Logo WhatsApp. [Shutterstock]Logo WhatsApp. [Shutterstock]

4. Terjemahan dari aplikasi

WhatsApp akan mengizinkan pengguna menerjemahkan tanpa meninggalkan aplikasi untuk waktu dekat. Hal ini akan membuat komunikasi menjadi lebih lancar dengan orang asing.

Fungsi terjemahan ini akan bersifat real time. Meskipun saat ini belum tersedia di seluruh wilayah, namun dipastikan fitur tingkat tinggi karena Google turut andil di dalamnya.

5. Menyembunyikan status

Berbagi status WhatsApp sudah menjadi hal biasa di kalangan pengguna. Namun, saat mengunggah status baru, pengguna mungkin tidak ingin ada orang-orang tertentu yang melihatnya.

Oleh karena itu, pemilih kontak akan segera disertakan di layar ketika pengguna membuat status baru.

Itulah beberapa fitur baru yang telah ditambahkan WhatsApp belakangan ini.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #fitur #baru #whatsapp #sudah #tahu #semua

KOMENTAR