Jelang Upacara 17 Agustus, Pemerintah-Pengusaha Kompak IKN Sudah 'Full' 5G
Jokowi dan Prabowo saat ada di IKN. [Ist]
18:32
13 Agustus 2024

Jelang Upacara 17 Agustus, Pemerintah-Pengusaha Kompak IKN Sudah 'Full' 5G

Pemerintah RI dan pengusaha kompak kalau jaringan 5G sudah menyelimuti Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang penyelenggaraan Upacara 17 Agustus 2024 mendatang. 

Dari sisi pengusaha, Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys mengaku kalau pihaknya sudah menyiapkan internet 5G sebagai pendukung Upacara Hari Kemerdekaan RI di IKN.

"5G, iya (full)," kata Merza saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta, Senin (13/8/2024).

Menurut Merza, seluruh wilayah IKN dipastikan memiliki jaringan 5G.  Namun syaratnya ponsel yang dimiliki pengguna juga sudah harus mendukung 5G.

Baca Juga: Pengusaha Lokal Minta Dilibatkan Pembangunan Infrastruktur Internet di IKN

Sebab jika tidak, maka internet yang dipakai akan berubah jadi 4G. Merza pun menganggap itu hal biasa.

"Kalau (ponsel) orang 5G, kalau enggak ada, terus turun ke 4G, itu biasa," imbuhnya.

Sementara dari sisi Pemerintah RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjamin kalau IKN akan dialiri jaringan 5G. 

Menkominfo Budi Arie Setiadi bahkan sesumbar kalau internet generasi kelima itu akan menjadi tulang punggung IKN sebagai kota pintar alias smart city.

"Kami ingin memberikan pelayanan publik yang lebih efisien dan berkelanjutan. Teknologi 5G juga akan menjadi tulang punggung sistem smart city di IKN,” ungkap Budi Arie, dikutip dari siaran pers Kominfo, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga: Proyek IKN Sudah Habiskan Rp11,2 Triliun Duit APBN Sepanjang Tahun Ini

Lebih lanjut Budi Arie menjelaskan, implementasi konsep smart city di IKN mencakup adaptasi teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari layanan publik hingga pengelolaan lingkungan. 

"Infrastruktur telekomunikasi yang kuat, termasuk jaringan internet berkecepatan tinggi dan teknologi canggih seperti Internet of Things (IoT), akan menjadi fondasi bagi IKN sebagai kota cerdas," jelasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #jelang #upacara #agustus #pemerintah #pengusaha #kompak #sudah #full

KOMENTAR