Joe Biden Blunder Dua Kali: Sebut Presiden Ukraina 'Putin', Wakil Presiden AS 'Trump'
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pidato di Gedung Putih. [Dok.Antara]
10:08
13 Juli 2024

Joe Biden Blunder Dua Kali: Sebut Presiden Ukraina 'Putin', Wakil Presiden AS 'Trump'

Joe Biden ramai mendapat sorotan publik di media sosial usai melakukan blunder dua kali. Tak tanggung-tanggung, Presiden Amerika Serikat tersebut melakukan kesalahan di depan para pemimpin Eropa.

Joe Biden menyebut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, sebagai Putin sehingga menghebohkan publik. Selain itu, ia 'keseleo lidah' dengan menyebut Trump sebagai Wakil Presiden AS. Seharusnya, ia berkata 'Kamala Harris' selaku Wakil Presiden AS ke-49.

Akibat salah penyebutan, 'President Putin' sempat memuncaki trending topik global di X pada Jumat (12/07/2024). Joe Biden juga menjadi bahan meme dan candaan di media sosial. Ratusan ribu cuitan dari pendukung Donald Trump membuat reputasi Joe Biden berkurang.

"Secara terpisah, apa kekhawatiran Anda tentang kemampuan Wakil Presiden Harris untuk mengalahkan Donald Trump jika dia menjadi kandidat teratas?" tanya seorang jurnalis.

Baca Juga: Wanita Ini Ogah Pakai HP Selama 100 Hari, Warganet: Komunikasinya Gimana?

"Lihat, saya tidak akan memilih Wakil Presiden Trump sebagai wakil presiden (jika saya tidak) menganggap dia tidak memenuhi syarat untuk menjadi presiden," kata Biden.

Presiden AS berumur 81 tahun ini seharusnya menyebut Kamala Harris. Blunder utama Joe Biden berlangsung saat didampingi oleh para pemimpin NATO selama upacara penandatanganan bersama Zelenskiy pada hari terakhir KTT NATO di Washington, Kamis (12/07/2024).

Dikutip dari Guardian, Biden mempersilakan Zelensky untuk mengakhiri sambutan. "Sekarang saya ingin menyerahkannya kepada presiden Ukraina, yang memiliki keberanian dan tekad yang sama besarnya."

Hal menghebohkan terjadi setelah itu. Bukannya menyebut Zelenskiy, Biden justru mengatakan Putin. "Hadirin sekalian, Presiden Putin!" kata Joe Biden penuh percaya diri.

Sejumlah pemimpin Eropa mulai bertepuk tangan dengan ragu-ragu. Banyak orang di ruangan itu meneriakkan "Zelenskiy" untuk mengoreksi kesalahan Biden. Setelah itu, ia kembali ke podium.

Baca Juga: Dugaan Gratifikasi Seks di Pemkab Bogor, Asmawa Tosepu Beri Tanggapan Mengejutkan

Menyadari kesalahan, Biden tersadar dan berkata "Presiden Putin! Kita akan mengalahkan Presiden Putin. Presiden Zelenskiy. Saya sangat fokus untuk mengalahkan Putin. Kita harus memikirkannya. Pokoknya, Tuan Presiden."

"Saya sudah lebih baik," kata Zelenskiy sambil menjabat tangan Biden. Kesalahan di acara penting tersebut membuat desakan pengunduran calon presiden dari Demokrat semakin kencang.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #biden #blunder #kali #sebut #presiden #ukraina #putin #wakil #presiden #trump

KOMENTAR