Tahukah Arti 'G' pada 5G? Bongkar Misteri Akronim Teknologi Sehari-hari
Ilustrasi jaringan 5G. (Shutterstock)
17:16
10 Juli 2024

Tahukah Arti 'G' pada 5G? Bongkar Misteri Akronim Teknologi Sehari-hari

Perkembangan teknologi membuat kita terus belajar dengan sesuatu yang baru yang memudahkan kita beraktivitas.

Namun yang biasa terjadi orang sering mendengar istilah baru tapi tak mengerti artinya.

Mungkin istilah yang populer pada masa lalu dalam sebuah jaringan adalah taser hingga laser, scuba, radar, dan kode pos.

Intinya ada begitu banyak akronim atau singkatan dan inisialisme yang membawa etimologi unik dalam dunia teknologi di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Kembangkan Teknologi AI, Pendapatan Samsung Melonjak Drastis di Q2

Menariknya, banyak akronim yang kita gunakan saat ini juga ada di bidang teknologi tak mengerti arti singkatannya.

Seperti GIF adalah singkatan dari 'Graphic Interchange Format', Wi-Fi berarti 'wireless fidelity' dan AI tentu saja adalah 'artificial Intelligence'.

Namun tahukah Anda bahwa jaringan seluler ada istilah 'G' yang biasa kita sebut 5G, 4G, 3G, dan lainnya.

Menyadur dari Unilad, singkat G atau yang biasa disematkan 3G, 4G dan 5G adalah singkatan dari nirkabel generasi atau generasi kelima, generasi keempat dan generasi ketiga.

Pada dasarnya, ini menunjukkan jenis koneksi seluler yang Anda gunakan; 5G menjadi yang terbaru.

Baca Juga: Ini Ponsel 5G Terkecil, Diotaki Dimensity 7300 dan RAM 12GB

Jadi meskipun huruf 'G' tidak mewakili frasa atau kata kompleks dalam kasus ini, namun tetap diklasifikasikan sebagai akronim.

Menurut Ofcom, 5G jauh lebih cepat dan menawarkan kapasitas lebih besar dibandingkan teknologi nirkabel generasi sebelumnya.

Dikatakan bahwa pengalaman konsumen juga ditingkatkan dari versi sebelumnya sehingga memungkinkan lebih banyak perangkat yang terhubung.

Selain itu, nirkabel generasi kelima digunakan dalam manufaktur pintar, pengiriman drone, dan bahkan hanya untuk mengunggah latihan Apple Watch Anda ke Strava.

Jika Anda melihat ponsel cerdas Anda dan melihat 'tanda 5G' kecil di pojok, maka Anda tahu bahwa Anda menggunakan jaringan terbaru dengan potensi kecepatan dan kapasitas tertinggi.

Tahun lalu, 5G dimanfaatkan oleh para dokter di Zhongshan Ophthalmic Center di Universitas Sun Yat-sen yang melakukan operasi laser mata jarak jauh pertama.

Dilaporkan bahwa tim praktisi medis dan ilmuwan membuat robot 5G yang mengoperasi 12 kelinci di pusat penelitian di Guangzhou, ibu kota provinsi Guangdong.

Setelah uji coba tersebut berhasil, para peneliti mengatakan pencapaian ini akan membantu mengatasi ketidakseimbangan dalam pengembangan oftalmologi dan distribusi sumber daya medis kelas dunia secara nasional.

“Jika semuanya berjalan lancar, operasi mata mikron jarak jauh 5G akan tersedia bagi manusia dalam waktu setengah tahun,” kata Profesor Lin Haotian.

Lebih lanjut, Zhong Xingwu, wakil presiden Rumah Sakit Mata Hainan, mengatakan bahwa pengoperasian jarak jauh melalui 5G akan secara signifikan meningkatkan aksesibilitas dan layanan kesehatan berkualitas bagi banyak pasien.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #tahukah #arti #pada #bongkar #misteri #akronim #teknologi #sehari #hari

KOMENTAR