Cara Memperkuat Sinyal di HP Tanpa Aplikasi, Auto Lebih Cepat!
Ilustrasi jaringan di HP. (unsplash)
12:24
10 Juli 2024

Cara Memperkuat Sinyal di HP Tanpa Aplikasi, Auto Lebih Cepat!

Saat pengguna bepergian di daerah asing, penerimaan sinyal di HP terkadang terganggu. Jika pengguna berada dalam keadaan darurat tanpa sinyal HP yang layak, ada cara cepat dan mudah untuk meningkatkan penerimaan ponsel.

Berikut ini beberapa cara untuk memperkuat sinyal di HP dengan mudah:

1. Aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat

Mematikan dan menghidupkan kembali koneksi ponsel adalah cara tercepat dan termudah untuk mencoba mengatasi masalah sinyal.

Baca Juga: Realme GT 6 Resmi Dirilis ke China, Spek Lebih Gahar dari Versi Indonesia

Jika pengguna berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, mengaktifkan mode Pesawat akan memulai ulang modem WiFi, Bluetooth, dan jaringan seluler, yang memaksa untuk menemukan sinyal terbaik di area tersebut.

2. Mulai ulang ponsel

Sama seperti komputer, terkadang pengguna harus memulai ulang ponsel untuk memperbaiki masalah seperti koneksi jaringan.

Ini adalah cara paling sederhana yang bisa pengguna coba untuk memperkuat jaringan.

3. Keluarkan kartu SIM

Baca Juga: Xiaomi Siapkan Pabrik yang Bisa Beroperasi 24 Jam Tanpa Manusia, Kok Bisa?

Langkah pemecahan masalah lain yang mungkin bisa membantu adalah mengeluarkan kartu SIM, lalu memasangnya kembali dengan ponsel dihidupkan. Jika kartu SIM kotor, bersihkan. Jika ada cacat fisik, pengguna mungkin perlu menggantinya.

Ilustrasi jaringan internet. [Ist]Ilustrasi jaringan internet. [Ist]

4. Periksa pengaturan operator

Operator seluler sering kali mengirimkan pembaruan pengaturan operator untuk membantu meningkatkan konektivitas untuk panggilan, data, dan pesan di jaringannya.

Meskipun fitur ini tersedia di semua model iPhone, fitur ini tidak bersifat universal di Android. Oleh karena itu, pengguna mungkin tidak menemukan pengaturan operator jika tidak memiliki ponsel yang didukung.

5. Setel ulang pengaturan jaringan ponsel

Menyegarkan pengaturan jaringan ponsel adalah salah satu cara untuk mempercepat sinyal. Namun perlu diingat bahwa menyetel ulang setelan jaringan juga akan menyetel ulang kata sandi WiFi yang disimpan, koneksi VPN, dan setelan APN khusus untuk operator yang memerlukan penyiapan tambahan.

Itulah beberapa cara yang dapat pengguna lakukan untuk memperkuat sinyal di HP.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #memperkuat #sinyal #tanpa #aplikasi #auto #lebih #cepat

KOMENTAR