Ada Simbol E di Layar Ponsel? Jangan Panik, Ternyata Ini Artinya
Ilustrasi HP. [Unsplash/Đức Trịnh]
09:08
4 Juli 2024

Ada Simbol E di Layar Ponsel? Jangan Panik, Ternyata Ini Artinya

Jika pengguna memiliki ponsel baru, pengguna mungkin pernah melihat ikon E muncul di bagian atas bilah status pada layar HP. Itu menunjukkan bahwa sinyal HP memiliki jaringan E.

Namun, pengguna mungkin bertanya-tanya apa arti dari simbol E tersebut. Berikut ini arti simbol E yang muncul di layar HP:

Pengertian simbol E di ponsel

Huruf E pada bilah status ponsel mengacu pada EDGE, yang merupakan singkatan dari Enhanced Data Rates for GSM Evolution.

Baca Juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru untuk Juli 2024, Lengkap Galaxy S hingga M

EDGE adalah evolusi dari GPRS, namun keduanya sering disebut sebagai 2G.

Simbol E pada ponsel menunjukkan bahwa pengguna terhubung ke jaringan 2G operator. Ini biasanya menunjukkan penerimaan yang buruk, karena pengguna seharusnya terhubung ke jaringan 5G, jaringan 4G LTE, atau bahkan jaringan 3G sebelum kembali ke 2G.

Dengan 2G, koneksi internet pengguna akan sangat lambat karena pengguna hanya bisa mendapatkan kecepatan unduh maksimum hanya 384 Kbps.

Ilustrasi jaringan seluler (Shutterstock).Ilustrasi jaringan seluler (Shutterstock).

Perbedaan EDGE, 3G, 4G LTE, dan 5G

Ada perbedaan besar antara teknologi-teknologi ini, karena masing-masing mewakili era komunikasi jaringan seluler yang berbeda.

Baca Juga: 3 Cara Menggabungkan File PDF Lewat HP Android, Bisa Offline dan Online

EDGE adalah teknologi 2G lama dan tidak cukup untuk kebutuhan saat ini. Faktanya, hal ini sudah dihapuskan secara bertahap di banyak belahan dunia.

Sementara itu, 3G adalah peningkatan kecepatan dan bandwidth berikutnya, dan hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai kebutuhan minimum untuk pengalaman kerja ponsel.

Seiring bertambahnya generasi, pengalamannya meningkat pesat. LTE dan 4G adalah jaringan yang paling umum ditemukan saat ini, memberikan pengalaman ponsel yang luar biasa. 4G lebih baik daripada LTE, namun keduanya sering digunakan secara sinonim dan bahkan disebut sebagai 4G LTE secara bersamaan.

Kemudian 5G sendiri merupakan teknologi terbaru untuk ponsel yang memberikan kecepatan dan bandwidth terbaik yang tersedia saat ini, namun dengan jangkauan yang terbatas.

Itulah pengertian simbol E yang muncul di bilah status ponsel.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #simbol #layar #ponsel #jangan #panik #ternyata #artinya

KOMENTAR