Dengan iOS 18, Apple Beri Peningkatan Kinerja AI Signifikan pada iPhone 15 Pro
Ilustrasi iPhone 15 Pro Max. [Unsplash/Amanz]
12:40
19 Juni 2024

Dengan iOS 18, Apple Beri Peningkatan Kinerja AI Signifikan pada iPhone 15 Pro

Apple baru saja membagikan iOS 18 versi beta ke publik beberapa waktu lalu. Melalui tes performa, Apple terbukti memberikan peningkatan kinerja AI signifikan pada iPhone 15 Pro series.

Sebagai informasi, produsen smartphone berlomba-lomba dalam mengembangkan fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Apple diketahui bakal merilis pembaruan iOS 18 versi stabil dalam beberapa bulan mendatang.

Meski begitu, versi beta-nya menyiratkan terdapat pengoptimalan yang cukup baik pada sistem operasi. iOS 18 beta pertama menunjukkan tingkat peningkatan kinerja NPU untuk A17 Pro, chip pada iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, yang menurut Apple bisa mencapai 600 persen dalam beberapa kasus.

Secara teoritis, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dapat memberikan kinerja Neural Processing Unit (NPU) hingga 35 TOPS berkat SoC A17 Pro.

Baca Juga: Baterai iPhone Lelet? Ini 5 Trik Rahasia Charger Kilat!

Meskipun demikian, bilangan itu tidak benar-benar mengungkap seberapa cepat NPU dapat mengeksekusi model pembelajaran mesin tertentu, terutama mengingat ada variabel lain seperti RAM yang tersedia, kecepatan RAM, dan optimalisasi perangkat lunak.

Untuk itu, Apple mengumumkan pada World Wide Developers Conference (WWDC) lalu bahwa mereka telah mengembangkan iOS 18 untuk memanfaatkan NPU di dalam A17 Pro dengan lebih baik.

Dikutip dari Notebookcheck, peningkatan kinerja NPU sudah terlihat dalam tolok ukur sintetis seperti Geekbench ML. Misal, iPhone 15 Pro Max biasanya memperoleh skor lebih dari 5.500 poin dalam Geekbench ML 0.6.0 di iOS 17.5.1.

Sebaliknya, skor ini melonjak sekitar 2.000 poin menjadi lebih dari 7.500 poin pada iOS 18, peningkatan sebesar 36 persen. Apple juga telah mengonfirmasi bahwa iOS 18 akan memberikan kinerja NPU yang lebih baik untuk iPhone yang ditenagai A16 Bionic.

Namun, NPU TOPS 17-nya berarti bahwa Apple Intelligence akan terbatas pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, serta penerusnya.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Jumlah Pengguna HarmonyOS Mampu Lampaui iOS

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #dengan #apple #beri #peningkatan #kinerja #signifikan #pada #iphone

KOMENTAR