Sapi Kurban yang Mati Gegara Terjerat Tali Akhirnya Dikubur, Warga Mengaku Ikhlas
Sapi kurban yang mati gegara terjerat tali akhirnya dikubur. (Instagram)
16:32
18 Juni 2024

Sapi Kurban yang Mati Gegara Terjerat Tali Akhirnya Dikubur, Warga Mengaku Ikhlas

Penampakan sapi kurban yang mati karena terjerat tali beredar viral di media sosial. Panitia dan warga sekitar akhirnya memilih untuk mengubur sapi tersebut.

Sebagai informasi, insiden sapi mati karena terjerat tali terjadi pada salah satu masjid di Desa Dengok, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Foto mengenai sapi yang mati ini lantas dibagikan ratusan kali oleh netizen di X dan Instagram. Akun @kim_padukuhandengok5 mengungkap bahwa warga setempat akhirnya mengikhlaskan sapi tersebut.

Perlu diketahui, sapi yang mati sebelum disembelih bisa dikategorikan sebagai bangkai sehingga haram dikonsumsi oleh Muslim.

Baca Juga: Elaelo Sempat Menghilang dan Muncul Kembali, Warganet Murka hingga Viral di X

"Sapi kurban sudah mendahului, semua sudah ikhlas. Semoga tetap membawa berkah kemanfaatan," tulis akun Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Padukuhan Dengok V, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Viral sapi mati karena terjerat tali. (X @merapi_uncover)Viral sapi mati karena terjerat tali. (X @merapi_uncover)

Video teranyar memperlihatkan beberapa warga yang sedang menguburkan sapi. "Sakmenika sampun sah, alhamdulillah (sekarang sudah sah, alhamdulillah)," kata seorang pria di dalam video.

"Sah, aamiin," jawab beberapa warga lain. Meski mati, namun sapi itu dianggap sudah 'sah' karena sebelumnya diniatkan untuk kurban.

Saat video terekam, sebagian warga nampak tertawa usai mengubur sapi. Mereka seolah menyiratkan kekecewaan dan tak habis pikir mengingat sapi berukuran besar mati sebelum disembelih.

Usai viral, terdapat beberapa donatur yang menyumbangkan kambing ke Desa Dengok. Kambing tersebut akan dikurbankan sebagai pengganti sapi yang mati.

Baca Juga: Viral Video Sapi Pasrah Saat Akan Dipotong Jadi Hewan Kurban, Masukan Kepalanya Sendiri ke Lubang

Sebelum ini, sebuah postingan bersumber dari akun Instagram @kim_padukuhandengok5 memperlihatkan momen saat sapi tergeletak di dekat pohon.

Warga sekitar menduga bahwa hewan tersebut mati karena terlilit tali mengingat sapi dalam kondisi baik-baik saja sehari sebelumnya, Minggu (16/06/2024). Pada gambar viral, kita dapat menyaksikan posisi sapi yang terlalu dekat dengan pohon dalam kondisi terikat kencang.

Sapi itu gagal menjadi hewan kurban sehingga membuat netizen bersimpati kepada pemiliknya. Selain itu, tak sedikit netizen yang menyalahkan panitia karena tidak menjaga sapi dengan baik.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #sapi #kurban #yang #mati #gegara #terjerat #tali #akhirnya #dikubur #warga #mengaku #ikhlas

KOMENTAR