Foto Pejabat Bareng Elon Musk Viral Dikritik, Budi Arie: Beliau Jenius, Bukan Pengusaha Biasa
Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama para menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju berfoto bersama pengusaha Amerika Serikat Elon Musk dalam acara pembukaan World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali pada Senin (20/5/2024). [ANTARA/HO - Kementerian ATR/BPN]
18:16
26 Mei 2024

Foto Pejabat Bareng Elon Musk Viral Dikritik, Budi Arie: Beliau Jenius, Bukan Pengusaha Biasa

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menjawab kritik publik soal viral foto pejabat Pemerintah RI yang dinilai latah dengan pemilik Tesla, SpaceX, dan X (Twitter) Elon Musk.

Menkominfo menilai kalau Elon Musk adalah seorang pengusaha visioner dan berani membuat terobosan. Semua bidang yang ditekuni Elon Musk disebutnya memberikan disrupsi bagi perkembangan dan kemajuan teknologi.

Dicontohkan Budi Arie, Elon Musk membuat terobosan seperti PayPal yang merupakan sistem pembayaran di internet. Kemudian ada Tesla, sebuah mobil listrik buatan Elon.

Ketiga yakni Starlink, sebuah layanan internet berbasis satelit dari SpaceX, perusahaan antariksa yang dimiliki Elon Musk. Layanan ini juga baru diresmikan di Indonesia.

Baca Juga:Menkominfo Ancam Blokir Telegram di Indonesia Buntut Judi Online

"Jadi setiap (produk milik Elon Musk) itu dia disrupsi. Ini bukan pengusaha-pengusaha biasa, dia lompat pikirannya," jawab Budi dalam konferensi virtual di YouTube Kominfo TV, dikutip Minggu (26/5/2024).

"Teknologi yang dia tawarkan ini mengubah dunia. Bukan hanya Indonesia, dunia, yang dia disrupsi," lanjut dia.

Menkominfo menilai kalau Elon Musk adalah pengusaha langka yang memiliki bisnis tak biasa. Semua produk yang dia tawarkan adalah inovasi.

"Menurut hemat saya, penilaian saya terhadap sosok Elon Musk, beliau ini sedikit dari pengusaha yang bisnisnya bukan biasa-biasa saja. Apa yang dia lakukan itu bisnisnya baru, bukan bisnis lama, bisnis baru yang melompat gitu," papar dia.

Budi Arie mengaku tak masalah dengan kritikan publik soal para pejabat yang latah foto bareng dengan Elon Musk. Ia menekankan kalau Elon adalah pengusaha jenis.

Baca Juga:Viral Pemotor Terlindas Truk Gegara Kaget Disetop Polisi, Begini Fakta Sebenarnya

"Kalau kritik silakan saja enggak apa-apa. Tapi sosok Elon Musk ini adalah terobosan. Dia bukan businessman biasa, di dunia loh, orang kayak dia kan langka, dan jenius menurut saya," bebernya.

"Kalau dia bisnis biasa-biasa kan orang enggak seheboh itu," imbuhnya lagi.

Lebih lanjut Budi Arie juga mengomentari produk Starlink. Ia mengatakan kalau layanan internet yang dibuat Elon Musk itu berguna untuk masyarakat banyak.

"Orang belum kavling langit dia sudah kavling langit, dan teknologinya itu berguna buat masyarakat banyak. Seperti Starlink ini kan mengatasi coverage di dunia yang besar, terutama daerah-daerah rural. Dia terobos dengan Starlink ini," papar Budi.

"Bisa dinilai lah, teman-teman media, teman-teman netizen bisa menilai, ini sosok businessman biasa atau enggak? Menurut saya dia bukan businessman biasa-biasa saja," pungkasnya.

Diketahui Elon Musk datang ke Bali untuk meresmikan layanan internet Starlink di Indonesia sekaligus menjadi pembicara di KTT World Water Forum (WWF) ke-10. Kedatangannya ini membuat para Menteri Kabinet Indonesia Maju ramai-ramai mengunggah foto bareng dengan Elon Musk.

Para pejabat yang foto bareng Elon Musk ini adalah Mendagri Tito Karnavian, Menparekraf Sandiaga Uno, Menkominfo Budi Arie, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, dan Wamenkominfo Nezar Patria.

Salah satu kritikan datang dari Ketua MUI Cholil Nafis. Ia menyindir kalau seorang pengusaha lebih kuat untuk menguasai para penguasa.

"Nemu foto ini di beranda. Pelajarannya, jadilah pengusaha krn kekuatannya 90%  lebih menguasai para penguasa. Makin rendah jumlah pengusahanya maka makin dekat daerah itu pada kemiskinan. Klo gagal cari investor maka solusinya pasti ngutang atau nurunin standar gaya hidup," kritik dia sembari mengunggah foto para Menteri Jokowi dengan Elon Musk.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #foto #pejabat #bareng #elon #musk #viral #dikritik #budi #arie #beliau #jenius #bukan #pengusaha #biasa

KOMENTAR