MacBook dengan Layar Lipat Meluncur 2026, Harga Sampai Puluhan Juta?
Ilustrasi MacBook Air M3. [Apple]
17:32
25 Mei 2024

MacBook dengan Layar Lipat Meluncur 2026, Harga Sampai Puluhan Juta?

Apple diprediksi bakal meluncurkan MacBook dengan layar lipat pada dua tahun mendatang. Perangkat gabungan dari MacBook dan iPad ini juga memiliki harga yang lebih mahal.

Leaker sekaligus analis TF Securities International, Ming-Chi Kuo, mengklaim bahwa Apple sedang mempertimbangkan dua ukuran layar untuk MacBook lipat. Ini mirip dengan bocoran yang datang dari leaker Jeff Pu. Leaker saat itu mendeteksi keberadaan perangkat lipat Apple dengan layar 20,3 inci.

Bocoran terbaru mengklaim Apple sedang memilih penggunaan layar 18,8 inci atau 20,25 inci. Layar sebesar itu menghasilkan laptop 13 inci dan 14 inci saat dilipat.

CEO dan Co-Founder Display Supply Chain Consultants (DSCC) Ross Young juga mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan MacBook dengan layar fleksibel. Perangkat lipat ukuran terbesar mempunyai panel 20,25 inci.

Baca Juga:Apple Makin Terjungkal dari Merek HP China

Bocoran dari beberapa leaker populer mengindikasikan bahwa raksasa teknologi Amerika itu sedang menyiapkan perangkat lipat inovatif. Dikutip dari NDTV, Ming-Chi Kuo meyakini apabila pembuatan MacBook layar lipat membutuhkan biaya mahal. Biaya produksi panel dan engsel diperkirakan mencapai 650 dolar AS atau Rp 10,4 juta.

Itu belum termasuk biaya hardware seperti chip, speaker, RAM, dan lain-lain. Kuo mengatakan biaya BOM untuk MacBook lipat generasi pertama bisa mendekati biaya BOM Apple Vision Pro.

Sebagai pengingat, harga Apple Vision Pro dibanderol sebesar 3.499 dolar AS atau Rp 56,1 juta. Hal tersebut memancing spekulasi bahwa MacBook layar mungkin dibanderol puluhan juta atau setidaknya lebih dari Rp 25 juta.

Kuo mengatakan laptop lipat ini akan dikirimkan sebanyak 1 juta unit usai acara peluncuran. Menurut analis, MacBook layar lipat bakal debut pada semester pertama 2026 dengan mengusung chip M5.

Baca Juga:Foto Dummy iPhone 16 Beredar, Bawa Tampilan Begini
Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #macbook #dengan #layar #lipat #meluncur #2026 #harga #sampai #puluhan #juta

KOMENTAR