Bus-Bus Keren bakal Dipajang selama Pameran Busworld, BisMania Tak Boleh Ketinggalan
Pameran Busworld 2024 kembali hadir di Jakarta. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
19:20
15 Mei 2024

Bus-Bus Keren bakal Dipajang selama Pameran Busworld, BisMania Tak Boleh Ketinggalan

    - Indonesia menjadi negera kekuatan ekonomi terbesar di ASEAN yang memiliki lebih dari 280 juta penduduk yang tersebar di 38 Provinsi dan 416 Kabupaten. Untuk meningkatkan konektivitas dan efisiensi logistik,  pemerintah terus membangun infrastruktur jalan secara masif.   

  Kementerian PUPR mencatat kebutuhan  investasi untuk mendukung pembangunan jalan tol di Indonesia selama periode 2020 - 2024 mencapai Rp 500 triliun. Keberadaan infrastruktur jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera telah meningkatkan mobilitas  warga antar kota dan memudahkan akses ke wisata baru, sehingga kebutuhan bus ntar Kota dan bus pariwisata turut meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir.   Pemerintah juga diketahui berkomitmen mengejar Net Zero Emission 2060. Untuk itu, pemerintah tengah mendorong  pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Bus dalam Kota dan Bus Rapid Transit (BRT) pun menjadi fokus utama dalam pengembangan bis listrik, yang mana terbukti dari banyaknya daerah di Indonesia yang mulai menggunakan bus listrik sebagai transportasi umum.    Dalam rangka mendukung industri bus Indonesia, GEM Indonesia bersama dengan Busworld International yang berpusat di Belgia menghadirkan kembali pameran auto bus terbesar di Asia Tenggara. Pameran  Busworld Southeast Asia 2024 siap digelar pada tanggal 15 - 17 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta.    Pameran ini diklaim menjadi pameran dunia bus terbesar dan paling ditunggu di ASEAN. Pantauan JawaPos.com di lokasi, pameran Busworld Southeast Asia 2024 diikuti oleh beberapa karoseri nasional ternama, seperti New Armada, Adiputro, Laksana, dan Tentrem, serta perusahaan bus ternama dari luar negeri seperti Golden Dragon dan Yutong.    Busworld Southeast Asia 2024 juga akan menghadirkan berbagai program unggulan, seperti Company Pitch Program dan Busworld Conference 2024. Company Pitch Program merupakan terobosan terbaru dari Busworld Southeast Asia yang mana akan mempertemukan supplier pendukung komponen bus dengan manufaktur/bodybuilder/pemangku kebijakan.   Misalnya Karoseri Tentrem. Pada pameran kali ini, Karoseri Tentrem memamerkan model bus terbarunya, Avante H8 Grand Captain ke pameran ini. Bus ini tampil unik dengan desain ruang istirahat kru tidak di bagian kabin paling belakang tapi di bagasi bus di area bagasi bus yang bisa diakses dari samping bodi bus.   Selain itu, terdapat juga bus konvensional yang dikonversi jadi bus listrik. Bus tersebut merupakan garapan Universitas Indonesia melalui Research Center For Advance Vehicle. Masih banyak juga bus keren lainnya nangkring di pameran ini.  

  Kemudian, ada juga bus klasik. PO Sumber Alam yang bermarkas di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Jawa tengah, akan memboyong satu unit bus klasik Nissan Diesel ke ajang pameran bus dan dunia transportasi Busworld Southeast Asia 2024 ini. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #keren #bakal #dipajang #selama #pameran #busworld #bismania #boleh #ketinggalan

KOMENTAR