8 Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas saat Diparkir atau dalam Perjalanan
Ilustrasi Seseorang Menghidupkan AC saat didalam Mobil (Freepik)
14:28
15 Mei 2024

8 Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas saat Diparkir atau dalam Perjalanan

 

 

Jawapos.com - Saat melakukan perjalanan menggunakan mobil pada siang hari, seringkali merasa tidak nyaman karena terkena panasnya terik matahari.

Walaupun tidak terpancar secara langsung, namun tetap ketika cuaca sangat panas pasti akan terasa sampai kedalam mobil. Bahkan terkadang AC mobil tidak terasa dan lebih merasakan kepanasan.

Sehingga anda membutuhkan tips khusus untuk menjaga mobil tetap dingin, khususnya bagian kabin depan mobil.

Berikut ini adalah cara menjaga kabin mobil tidak panas yang dikutip dari laman Momobil.id.

Menjaga Suhu Kabin Mobil Tidak Panas

  1. Memasang Kaca Film

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga kabin mobil tetap dingin saat diparkir adalah dengan memasang kaca film. Dengan dipasang kaca film pada mobil dapat dapat menjaga suhu kabin mobil tetap sejuk dan menahan panas masuk kedalam mobil.

Usahakan gunakanlah kaca film mobil yang bagus dan terjamin bisa memberikan perlindungan panas dari sinar matahari. Tingkat kegelapan kaca film juga juga harus diperhatikan dengan benar, karena hal itu dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

  1. Parkir Tempat yang Sejuk

Selanjutnya agar bisa menjaga kabin mobil tetap dingin usahakan untuk memarkirkan mobil ditempat yang sejuk. Tentunya hal itu cukup bekerja karena mobil tidak terpapar langsung dari sinar matahari. 

Anda bisa meletakan atau memarkirkan mobil dibawah pohon, ketika saat bepergian atau tempat parkiran yang memiliki atap dan saat di rumah usahakan memiliki garasi sendiri untuk menghindari panas sinar matahari.

  1. Buka Sedikit Kaca Jendela Mobil

Setelah memarkirkan mobil ditempat yang sejuk dan teduh, langkah selanjutnya adalah membuka sedikit kaca jendela mobil saat sedang diparkirkan. Hal itu bertujuan agar udara panas yang berada di dalam mobil bisa keluar dan berganti dengan udara yang baru.

Sehingga kabin mobil yang panas akibat dari perjalanan bisa lebih cepat dingin karena udaranya terganti. Maka dari itu jika hal ini dilakukan minimal kabin dalam mobil setelah diparkirkan akan terasa lebih dingin dan tidak terlalu panas.

  1. Mengecek Freon AC

Salah satu cara menjaga kabin depan mobil tetap dingin saat dalam perjalanan adalah dengan menghidupkan AC mobil. namun apabila tiba - tiba suhu AC tidak begitu terasa, anda bisa mengecek Freon AC, karena bisa saja bagian tersebut mengalami masalah.

Pastikan freon AC berjalan dengan baik sehingga udara dalam mobil terasa lebih dingin. Selain itu, cek juga volume cairan dari freon AC. Freon yang kurang atau habis dapat menyebabkan temperatur mobil menjadi lebih panas ketika AC dinyalakan.

  1. Periksa Level Cairan Pendingin

Pastikan selalu memeriksa level cairan pendingin pada mobil, karena hal itu berfungsi untuk menjaga mobil dan mesin tetap dalam kondisi dingin. Apabila sampai cairan tersebut kurang makan mesin pada mobil akan cepat panas.

Jika mesin mencapai tingkat kepuasan tertentu, bukan tidak mungkin panas tersebut akan masuk kedalam mobil dan akan memngganggu kenyaman saat berkendara. Sehingga harus terus pastikan cairan pendingin dalam kondisi penuh.

  1. Menggunakan Jendela Sunshade

Hawa panas dalam kabin depan mobil selanjutnya bisa diatas dengan memasangkan jendela sunshade atau penutup dashboard mobil. Hal itu bisa menjadi penghalang antara kabin mobil dengan paparan sinar matahari secara langsung.Sehingga kondisi kabin dalam mobil bisa sedikit lebih sejuk dan tidak terlalu panas.

  1. Menggunakan Kain Penutup pada Jok dan Kemudi 

Selain menggunakan penutup dashboard mobil, untuk menghindari paparan panas matahari pada kabin mobil anda juga bisa memasang kain penutup pada jok mobil dan stir kemudi. Hal ini untuk mengurangi suhu panas pada jok mobil dan setir yang akan mengganggu kenyamanan saat mengoperasikan mobil.

  1. Cek Sistem AC

Terakhir silahkan anda melakukan checking pada sistem AC mobil, apakah AC nya bekerja dengan baik atau sedang mengalami masalah. Karena saat AC mengalami masalah pasti suhu kabin mobil akan terasa panas bahkan saat dihidupkan. Sehingga anda perlu memastikan semua komponen AC bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Baiklah demikian ulasan mengenai cara menjaga kabin mobil tetap dalam keadaan dingin saat sedang diparkir atau sedang dalam perjalanan. Anda bisa melakukan semua tipe di atas untuk mengurangi rasa panas pada kabin mobil.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #menjaga #suhu #kabin #mobil #agar #tidak #panas #saat #diparkir #atau #dalam #perjalanan

KOMENTAR