Tiru Samsung, Apple Bikin Fitur Voice to Text Berbasis AI yang Akan Meluncur di iOS 18
Ilustrasi: Apple akan hadirkan fitur-fitur AI mirip Samsung di perangkatnya melalui update iOS 18 yang akan datang. (Gizchina)
11:48
15 Mei 2024

Tiru Samsung, Apple Bikin Fitur Voice to Text Berbasis AI yang Akan Meluncur di iOS 18

  - Sudah santer terdengar kabar bahwa Apple sedang mengerjakan rangkaian fitur-fitur AI atau Artificial Intelligence mereka. Jelas langkah ini merupakan upaya dari Apple untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Samsung yang sudah lebih dulu merilis fitur AI yang dikemas dalam apa yang disebut Galaxy AI.   Di Apple, paket AI mereka santer disebut akan hadir dalam pembaruan iOS 18. Update sistem operasi atau OS Apple yang akan datang itu menjanjikan peningkatan produktivitas pengguna yang signifikan melalui integrasi fitur kecerdasan buatan atau AI tadi.   Melansir Gizchina, salah satu tambahan yang paling dinanti adalah transkripsi suara bertenaga AI dalam aplikasi Notes. Saat ini kemampuan perekaman audio di aplikasi tersebut memang banyak dikeluhkan kurang, dan Notes akan mendapatkan fungsi ini di iOS 18.   

  Inovasi ini khusus melayani pelajar dan profesional yang mengandalkan pencatatan mendetail. Bayangkan merekam ceramah, rapat, atau sesi curah pendapat secara real-time, dengan perangkat Anda secara otomatis mengubah audio menjadi teks. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan pencatatan manual, menghemat waktu yang berharga, dan memastikan Anda mencatat setiap detail penting.   Namun manfaatnya konon lebih dari sekadar transkripsi. AI akan dengan cerdas meringkas rekaman suara, memungkinkan peninjauan cepat atas kuliah atau rapat yang panjang. Ini adalah terobosan baru bagi individu sibuk yang perlu memahami esensi konten audio panjang tanpa harus mendengarkannya lagi secara keseluruhan.   Namun dalam prosesnya tidak mudah. Apple dihadapkan pada masalah privasi yang selama ini selalu jadi batu sandungan mereka. Untungnya, Apple memahami sifat penting privasi pengguna. Untuk mengatasi permasalahan ini, mereka telah menerapkan pendekatan yang “berfokus pada privasi”.    Tugas AI sederhana seperti transkripsi suara dasar akan diproses langsung di perangkat, sehingga data Anda dipastikan tetap aman. Permintaan yang lebih kompleks yang memerlukan daya komputasi yang signifikan mungkin dikirim ke server pihak ketiga yang aman. Pendekatan hybrid ini juga untuk memastikan keseimbangan antara fungsionalitas dan privasi pengguna.   Selain itu, dampak AI di iOS 18 lebih dari sekadar aplikasi Notes. Siri, asisten virtual Apple, juga menerima peningkatan AI. Siri akan mendapatkan kemampuan untuk menganalisis dan meringkas pesan teks dan email, memungkinkan Anda dengan cepat memahami inti dari komunikasi yang panjang. Ini bisa sangat membantu untuk mengelola kotak masuk yang sibuk atau mengikuti percakapan dengan cepat.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #tiru #samsung #apple #bikin #fitur #voice #text #berbasis #yang #akan #meluncur

KOMENTAR