Chery Omoda 5 As Roda Belakang Patah Ternyata Ini Penyebabnya
As roda yang patah terjadi pada Omoda 5 di Malaysia. (Istimewa)
21:16
9 Mei 2024

Chery Omoda 5 As Roda Belakang Patah Ternyata Ini Penyebabnya

- Seperti diberitakan sebelumnya Chery Omoda 5 patah sumbu rodanya bagian belakang di negara Malaysia. Omoda 5 yang as roda belakang patah adalah milik salah satu konsumen bernama Stephanie.

Sang pemilik mengaku bahwa as roda belakang mobilnya tiba-tiba patah ketika mobil digunakan di jalan, walaupun dirinya meyakini tidak ada benturan atau melewati lubang, atau terjadi kecelakaan.

Dengan kejadian tersebut, Chery Automobile Malaysia melakukan investigasi atas insiden itu. Chery Malaysia mengeluarkan pernyataan resmi sebagai respons kasus patahnya as roda belakang Chery Omoda 5 itu. Dalam pernyataan itu, Chery Auto Malaysia berkomitmen untuk menyelesaikan kasus ini.

Setelah dilakukan investigasi Chery Malaysia yang bekerjasama dengan Kementerian Transportasi setempat mendapatkan hasil identifikasi dan menemukan sumber masalah tersebut.

Melansir dari laman paultan.org, disebutkan bahwa ada kesalahan prosedur terkait tahap pengelasan. Menurut Lee Wen Hsiang selaku Vice President Chery Auto Malaysia, pihaknya telah menemukan akar masalah pada tahap pengelasan di proses produksi Chery Omoda 5 di Malaysia.

As roda belakang Chery Omoda 5 patah di Malaysia. (Dony)

Lee Wen menambahkan setelah penyelidikan komprehensif, vendor melaporkan bahwa masalah ini disebabkan oleh peningkatan fasilitas dimana ujung mesin las otomatis yang sudah usang diganti dengan ujung las baru.

"Penggantian ujung las yang baru mengakibatkan kesalahan kalibrasi pada peralatan,” kata Lee.

Dengan kejadian ini, langkah Chery Auto Malaysia mendapatkan 60 unit Omoda 5 teridentifikasi menggunakan komponen yang terdampak. Maka sampai 3 Mei tahun ini, Chery Malaysia telah menghubungi 32 dari 60 pemilik Chery Omoda 5 untuk dilakukan penggantian parts.

Seperti diketahui Chery Omoda 5 juga dipasarkan resmi di Indonesia mulai dari Omoda 5, Omoda 5 GT serta Omoda E5 [mobil listrik]. Omoda 5 di Indonesia masih aman aman saja, karena produksi atau perakitannya berbeda.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #chery #omoda #roda #belakang #patah #ternyata #penyebabnya

KOMENTAR