Chery Exeed E08 Muncul Bisa Bikin Lexus LM Hybrid, Toyota Alphard HEV Maupun Hyundai Staria Rungkad di Indonesia
Exeed E08 merupakan sebuah MPV bongsor yang mempunyai desain futuristis. (Dony)
08:56
7 Mei 2024

Chery Exeed E08 Muncul Bisa Bikin Lexus LM Hybrid, Toyota Alphard HEV Maupun Hyundai Staria Rungkad di Indonesia

- Berbagai brand otomotif dunia terus mengembangkan teknologi yang terkait fitur maupun desain, selain untuk kenyamanan juga keamanan manusia didalamnya.

Hal ini juga dilakukan Sub-brand premium Chery yakni Exeed dengan memperkenalkan sebuah model konsep E08 beberapa waktu lalu di ajang Beijing Auto Show 2024.

Exeed E08 merupakan sebua MPV bongsor yang mempunyai desain futuristis. Di desain dengan menggunakan platform E0X dengan panjang mencapai 5,2 meter membuat ruang kabin sangat lapang.

Melansir dari Shanghai Metals Market, Wakil Presiden dan General Manager Desain di Chery, Steve Eum mengungkapkan, kalau Exeed E08 dirancang dengan memadukan tradisi dengan modernitas, teknologi dengan seni, untuk menciptakan konsep Fusion Luxury.

Bila dilihat dari desain tampilannya diklaim terinspirasi dari bahasa desain Cyber Butterfly dari seri Sterra. Pada bagian depan tanpa ada grille yang menonjol ini menjadi ciri khas mobil listrik namun hanya ada lampu yang menempati area sisi dengan proporsi tidak terlalu masif.

Mobil ini memiliki konfigurasi tiga baris tempat duduk. (Dony)

Sedangkan pada bagian belakang tidak jauh berbeda, lampu kombinasi diranjang menurun lalu mengalir ke sisi bodi. Menggunakan velg model tertutup dengan bagian samping terlihat minimalis dan siluet bodi streamline walaupun bongsor.

Mencerminkan mobil masa depan terlihat tidak adanya spion konvensional yang digantikan kamera, meski model seperti ini biasanya hanya menjadi kebutuhan pameran. Tidak menutup kemungkinan Exeed akan menerapkan sebagian besar gaya tersebut ke produk massal dan ini akan menjadi daya tarik besar.

Untuk memasuki kabin didukung pintu depan yang membuka biasa dan sliding door pada baris kedua. Akan tetapi lain dari biasanya, pintu geser tersebut bisa bergerak sampai melebihi buritan mobil, sehingga memudahkan keluar-masuk penumpang baris paling belakang.

Baris ketiga mengaplikasikan model seperti sofa dari bahan suede. (Dony)

Mobil ini memiliki konfigurasi tiga baris tempat duduk. Yang membuatnya makin atraktif adalah tidak adanya pilar B. Pada jok baris kedua dibuat captain seat dengan desain tipis dan futuristis layaknya di depan.

Sedangkan baris ketiga mengaplikasikan model seperti sofa dari bahan suede, lengkap dengan head rest selebar kabin. Pada area depan dasbor minimalis tanpa adanya tombol dipasangkan kemudi layaknya pesawat luar angkasa.

Pada head unit dan panel instrumen dibuat menyatu ke dalam dasbor, ini menjadi kesatuan yang memanjang hingga ke tempat duduk penumpang depan. Diperkirakan tatanan seperti ini tidak bakal disematkan pada produk massal, tapi setidaknya Exeed bisa memasukkan sedikit elemen untuk membuatnya berbeda dengan mobil-mobil lain.

Tampilan belakang Exeed E08 . (Dony)

Terdapat panoramic sunroof yang memberikan kesan mewah dan lapang, sementara pada pintu belakang terbagi dua secara horizontal, ini memudahkan akses ke bagasi.

Wao, ini sangat menarik bila masuk Indonesia, varian baru yang bertarung di segmen MPV premium dimana sudah ada ehadiran Lexus LM Hybrid atau Toyota Alphard HEV maupun Hyundai Staria yang masih menggunakan mesin konvensional.

Namun bila melihat harganya varian MPV premium yang ada di Indonesia masih menang bila dibandingkan harga, karena Exeed E08 diperkirakan memiliki banderol 400 ribu hingga 500 ribu Yuan atau setara Rp8,9 miliaran sampai Rp11,2 miliaran.

Mobil mewah ini dimungkinkan akan meluncur secara resmi pada paruh kedua tahun ini dalam varian listrik dan extended range. Bukan tidak mungkin mobil ini akan mampir ke Indonesia.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #chery #exeed #muncul #bisa #bikin #lexus #hybrid #toyota #alphard #maupun #hyundai #staria #rungkad #indonesia

KOMENTAR