Cara Menghindari Panggilan Telepon Penipuan dari AI
Ilustrasi panggilan telepon. [Shutterstock]
08:16
30 April 2024

Cara Menghindari Panggilan Telepon Penipuan dari AI

Seiring dengan semakin canggihnya kemampuan alat AI generatif, penipu menjadi lebih mudah untuk meniru audio suara seseorang.

Klon suara AI ini dilatih berdasarkan klip audio ucapan manusia yang ada dan dapat disesuaikan untuk meniru hampir semua orang. Hal ini membuat pengguna rentan menerima panggilan telepon penipuan dari AI.

Pelaku kejahatan menggunakan alat kloning AI ini untuk mengelabui korban agar mengira mereka sedang berbicara dengan orang yang dikenal melalui telepon, padahal pengguna sedang berbicara dengan komputer.

Meskipun ancaman penipuan yang didukung AI menakutkan, tetapi pengguna bisa menghindarinya jika mengetahui caranya. Berikut ini beberapa cara untuk menghindari panggilan penipuan dari AI:

1. Tutup sambungan telepon dan telepon balik

Pakar keamanan memperingatkan bahwa sangat mudah bagi penipu untuk berpura-pura bahwa panggilan tersebut berasal dari nomor telepon yang sah.

Oleh karena itu, setiap kali pengguna menerima panggilan yang meminta uang atau informasi pribadi, tutup sambungan telepon dan telepon mereka kembali.

Cari nomor tersebut secara online atau di kontak. Pengguna juga dapat mencoba mengirimi mereka pesan melalui jalur komunikasi lain yang terverifikasi seperti obrolan video atau email.

Ilustrasi panggilan telepon. [Shutterstock]Ilustrasi panggilan telepon. [Shutterstock]

2. Gunakan kata aman

Pengguna harus menggunakan kata aman yang hanya diketahui oleh pengguna dan orang yang dikenal. Metode ini akan memverifikasi bahwa orang tersebut adalah orang yang benar-benar pengguna kenal dan bukan tipuan AI.

Selain itu, pengguna juga bisa mengetes penelepon untuk menanyakan tentang sesuatu yang hanya diketahui pengguna dan orang tersebut, sebagai contoh adalah menu makan malam. Pastikan pertanyaannya cukup spesifik sehingga penipu tidak dapat menjawab dengan benar dengan tebakan yang tepat.

3. Memahami suara apa pun bisa ditiru

Klon audio deepfake tidak hanya diperuntukkan bagi selebriti dan politisi, tetapi semua orang.

Yang tidak disadari banyak orang adalah hanya dengan lima hingga sepuluh detik suara pengguna, konten tersebut dapat dengan mudah digunakan untuk membuat tiruan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna agar terhindar dari panggilan penipuan AI.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menghindari #panggilan #telepon #penipuan #dari

KOMENTAR