Perbedaan Power Steering Hidrolik dan Elektrik, Mana yang Lebih Baik dan Nyaman?
Ilustrasi power steering pada kemudi mobil. (Istimewa)
06:36
30 April 2024

Perbedaan Power Steering Hidrolik dan Elektrik, Mana yang Lebih Baik dan Nyaman?

- Power Steering merupakan sebuah inovasi yang baik dalam dunia otomotif. Dengan adanya power steering tentu memberikan kenyamanan pada para pengemudi. Power steering memiliki dua jenis, yaitu power steering hidrolik dan elektrik.

Power steering yaitu sistem yang terdapat pada kemudi mobil untuk membantu pengemudi dalam menggerakkan roda dengan lebih mudah dan ringan. Dengan adanya power steering, perputaran roda menjadi tidak berat dan mudah dibelokkan.

Power Steering Hidrolik

Power steering ini menggunakan cairan hidrolik untuk dapat membantu menggerakkan roda kemudi. Sistem ini bekerja dengan menggunakan pompa hidrolik yang menggerakkan cairan hidrolik ke silinder hidrolik yang terhubung ke roda kemudi. Kelebihan dari power steering ini yaitu:

- Power steering hidrolik memberikan respon yang baik, sehingga pengemudi dapat menggerakkan roda kemudi dengan lebih presisi dan cepat.

- Power steering hidrolik tidak bergantung pada sumber listrik sehingga dapat digerakkan ketika mesin mati atau kehabisan aki.

- Power steering hidrolik lebih cocok untuk kendaraan berat seperti truk atau bus, karena mampu menggerakkan roda kemudi dengan lebih mudah dan ringan.

Power Steering Elektrik

Power steering ini menggunakan sistem motor listrik untuk dapat menggerakkan roda kemudi. Sistem ini dapat bekerja dengan menggunakan sensor yang terhubung ke roda kemudi. Kelebihan dari power steering elektrik ini yaitu:

- Power steering elektrik lebih hemat bensin dan lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan power steering hidrolik.

- Power steering elektrik lebih ringan dan mudah untuk dipasang dibandingkan dengan power steering hidrolik.

- Power steering elektrik lebih halus dan tenang saat beroperasi dibandingkan dengan power steering hidrolik.

------------

Power steering hidrolik sangat mudah dirawat dan dijual dengan harga yang cenderung murah. Akan tetapi, power steering hidrolik berpotensi untuk membebani mesin sehingga bahan bakar bisa terkuras lebih boros. Selain itu, selang oli pada sistem hidrolik bisa bocor dan menyebabkan kerusakan.

Sistem elektrik yang tidak menggunakan pompa dan selang, menerapkan kinerja yang lebih efektif. Sistem elektrik tidak menguras bahan bakar secara berlebihan dan mudah juga untuk dirawat. Sayangnya, komponen-komponennya rentan terhadap air. Selain itu, power steering elektrik rata-rata hanya tahan sampai usia lima tahun atau 100.000 KM.

Selain power steering hidrolik dan elektrik, ada pula jenis yang menerapkan kombinasi keduanya. Perpaduan hidrolik dan elektrik menciptakan jenis power steering elektro-hidrolik atau sering juga disebut semi-elektrik.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #perbedaan #power #steering #hidrolik #elektrik #mana #yang #lebih #baik #nyaman

KOMENTAR