Bikin Penasaran, Ini Penjelasan Ilmiah Kilatan Petir Erupsi Gunung Ruang
Gunung Ruang memuntahkan lahar panas dan asap terlihat dari Sitaro di Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024) malam. [Handout / Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bahaya Geologi / AFP] - Penjelasan Ilmiah Kilatan Petir Erupsi Gunung Ruang
11:16
19 April 2024

Bikin Penasaran, Ini Penjelasan Ilmiah Kilatan Petir Erupsi Gunung Ruang

Baru-baru ini, Gunung Raung mengalami erupsi yang menimbulkan kilatan petir.  Banyak yang bertanya-tanya penyebab kilatan petir tersebut. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan ilmiah kilatan petir erupsi Gunung Ruang.

Diketahui bahwa Gunung Ruang ini berada di kawasan Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Beberapa hari lalu, gunung yang sudah lama tertidur ini mengalami erupsi. Saat ini status gunung tersebut berada di level IV atau awas.

Banyak video dan foto erupsi gunung Raung yang bertebaran di media sosial. Dari video dan foto yang beredar, ada kilatan petir  saat terjadi erupsi Gunung Raung.  Video pun tersebut pun menjadi perbincangan hangat warganet hingga viral..

Lantas, apa yang menyebabkan  kilatan petir di Gunung Ruang? Simak berikut ini penjelasan ilmiah kilatan petir erupsi Gunung Ruang yang menarik untuk diketahui.

Penjelasan Ilmiah Kilatan Petir Erupsi Gunung Ruang

Menurut penjelasan dari Kepala Pusat PVMBG (Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), kilatan petir yang muncul di puncak Gunung Raung saat terjadi erupsi Gunung Raung disebabkan tingginya suhu yang memanaskan ion-ion gas.

Karena tingginya suhu tersebut, berdampak loncatan muatan listrik sehingga terjadi kilatan petir pada puncak Gunung Raung. Fenomena kilatan petir pada erupsi gunung berapi ini pun diangap hal lumrah atau hal biasa.

Adapun kilatan petir pada erupsi gunung berapi seperti yang terjadi pada erupsi Gunung Raung disebut sebagai fenomena petir vulkanik. Kemunculan kilatan petir pada erupsi gunung berapi ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan mekanisme petir biasa.

Akan tetapi, jika pada mekanisme petir biasa ini muncul dari awan cumulonimbus, sementara pada mekanisme petir erupsi gunung berapi ini muncul dari awan kepulan uap air, debu, abu,  serta partikel vulkanik lainnya yang kemudian secara massif menyembur ke udara.

Perlu diketahui juga bahwa petir vulkanik ini tidak muncul secara langsung. Pasalnya, muncul kilatan petir pada erupsi berapi, partikel akan terionisasi lebih dulu dengan cara memisahkan elektron dari partikel melalui energi potensial masa.

Kemunculan petir vulkanik ini dapat dilihat dalam gumpalan asap erupsi gunung berapi. Sama seperti badai petir pada umumnya, petir vulkanik pun terjadi saat terbentuknya listrik statis di atmosfer sebelum keluar sebagai sambaran petir.

Demikian penjelasan ilmiah kilatan petir erupsi Gunung Ruang yang sedang ramai jadi perbincangan warganet ini hingga viral. 

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bikin #penasaran #penjelasan #ilmiah #kilatan #petir #erupsi #gunung #ruang

KOMENTAR