Viral HP Samsung Rusak Gegara 'Green Line' Usai Update OS, Bisakah Dibetulkan?
Samsung Galaxy A35 dan Galaxy A55. [Samsung]
16:48
18 April 2024

Viral HP Samsung Rusak Gegara 'Green Line' Usai Update OS, Bisakah Dibetulkan?

Sejumlah pengguna HP Samsung mengeluhkan ponselnya rusak usai pembaruan sistem operasi atau update OS. Pasalnya, layar perangkat tersebut menampilkan green line alias garis hijau.

Berdasarkan foto viral diunggah oleh pengguna Samsung, garis hijau yang tampil vertikal di sebagian layar. Green Line ini pun mengganggu tampilan yang ada di layar, sekaligus berpotensi menghambat fungsionalitas ponsel.

Adapun pengguna yang terdampak green line ini adalah HP Samsung Galaxy S21 Ultra dan Samsung Galaxy S21 FE, sebagaimana dilansir dari Android Authority, Kamis (18/4/2024).

Sayang belum diketahui apa penyebab munculnya green line di HP Samsung tersebut.

Penyebab muncul green line di layar HP

Meskipun tidak diketahui, penyebab munculnya green line di layar HP Samsung itu kemungkinan karena konektor display atau kabel fleksibel yang rusak. Komponen internal ini menghubungkan layar ke circuit board utama ponsel.

Nah kerusakan atau kelonggaran yang ada di komponen itu bisa menyebabkan kegagalan fungsional layar.

Sejauh ini masalah green line ini muncul akibat pengguna melakukan update OS. Bahkan banyak pengguna yang juga mengalami masalah serupa sebelumnya.

Selain update OS, faktor lain terkait munculnya green line itu adalah faktor lingkungan yang membuat suhu ponsel jadi lebih panas. Kebanyakan ponsel yang mengalami overheat ini adalah perangkat dengan chipset Exynos.

Teori lainnya adalah panas ini dapat melonggarkan lem yang menyatukan komponen layar, alhasil muncullah garis hijau. Namun ini juga masih dipertanyakan karena HP tetap panas saat bermain game.

Masalah green line sendiri tak hanya muncul di HP Samsung. Setahun terakhir, perangkat yang mengalami kondisi serupa adalah smartphone dengan layar AMOLED, contohnya OnePlus.

Untungnya beberapa brand pun memiliki garansi kepada pengguna untuk memperbaiki layar. Jadi jika kalian mengalami masalah green line serupa, pastikan langsung lapor ke brand ponsel tersebut.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #viral #samsung #rusak #gegara #green #line #usai #update #bisakah #dibetulkan

KOMENTAR