Samsung Integrasikan Ponsel Pintar Galaxy A Series Terbaru dengan Ekosistem Galaxy 
President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics, TM Roh 
16:54
14 April 2024

Samsung Integrasikan Ponsel Pintar Galaxy A Series Terbaru dengan Ekosistem Galaxy 

- Samsung Electronics akan terus memperluas teknologi terbaru dan lebih luas sehingga makin banyak orang yang bisa dapat memanfaatkannya.

President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics, TM Roh mengatakan, salah satu yang dilakukannya adalah menawarkan penggunaan Samsung Knox Vault untuk pertama kalinya pada jajaran produk A35 dan A55 sehingga pengguna seri Galaxy A untuk menikmati pengalaman mobile yang aman dan handal.

"Kami membuka lebih banyak kemungkinan pada seri Galaxy A tahun ini, termasuk menawarkan Samsung Knox Vault untuk pertama kalinya pada jajaran produk ini sehingga memungkinkan pengguna seri Galaxy A untuk menikmati pengalaman mobile yang luar biasa dengan aman dan andal," kata TM Roh dalam keterangannya seperti dilansir dari phonearena, Minggu (14/4/2024).

Dikatakannya, selain keamanan kedua model ini kompatibel atau terintegrasi dengan ekosistem Galaxy, misalnya dapat memenuhi target kebugarannya dengan menghubungkan Galaxy Fit3 atau Galaxy Watch6.

"Dan berkat fitur Auto Switch, panggilan masuk akan otomatis ditransfer ke earbud Galaxy Buds FE yang terhubung untuk menambah kenyamanan," katanya.

Justin Hume, Wakil Presiden Mobile eXperience di Samsung Afrika Selatan mengatakan, penambahan baru yang inovatif pada seri A yang sangat digemari ini berarti lebih banyak pilihan bagi pelanggan kami, baik yang lama maupun yang baru.

"Galaxy A55 5G dan A35 5G menawarkan fitur-fitur hebat dan teknologi seluler terbaru dan mereka memiliki sesuatu untuk penggemar setia seri ini dan mereka yang ingin bergabung dengan dunia Galaxy yang menarik," kata Justin Hume.

Diketahui, salah satu smartphone yang terintegrasi dengan adalah Samsung Galaxy A35 yang memiliki dimensi 161,7 x 78 x 8,2 mm dengan berat 209 gram.

Pada sisi bawah perangkat, ada port USB-C, dua lubang microphone dan speaker.

Samsung Galaxy A35 5G telah menggunakan sistem dual stereo speaker dengan Dolby Atmos sehingga cocok bila tanpa menggunakan earphone.

Sisi atas memiliki SIM tray yang bisa memuat dual sim dan micro SD kapasitas 1 TB dan di sisi kanan, ada tombol power dan volume, sementara di sisi kiri tampilannya polos. Fingerprint berada di layar bawah.

Samsung juga turut menyemat desain yang disebut-sebut Key Island, desain ini membuat sisi samping HP, tepatnya di tombol power dan volume jadi lebih menonjol.

Performa

Ponsel pintar ini mengadopsi performa chipset Exynos 1380 yang telah hadir di ponsel Galaxy  yang berada di kelas lebih tinggi.

Dilihat dari data teknisnya, Exynos 1380 merupakan chipset 5 nm dengan CPU atau prosesor Octa Core berkekuatan hingga 2.4 GHz.

Chipset tersebut bisa dibilang sedikit lebih unggul dan menjadi salah satu peningkatan dari generasi sebelumnya Samsung A34 5G yang menggunakan Dimensity 1080 dan telah dipakai Samsung A54 5G. 

Exynos 1380 tidak hanya menawarkan performa tinggi saja, namun juga memiliki efisiensi daya baik dengan fabrikasi 5 nm EUV.

Sementara performanya mengandalkan konfigurasi prosesor delapan inti (octa-core) dengan formasi 4+4.

Dengan GPU dan NPU yang dioptimalkan, HP Samsung Galaxy A35 5G dapat menangani tugas-tugas berat dan menjadikannya pilihan yang tepat bagi pengguna yang menginginkan performa yang tangguh dalam setiap aktivitasnya.

Chipset ini punya konfigurasi CPU pada chipset ini meliputi empat inti performa Cortex-A78 2.4 GHz dan empat inti hemat daya Cortex-A55 2.0 GHz, serta GPU Mali-G68 MP5 yang berperan mengurusi pengolahan grafis.

Didukung pula memori RAM 8 GB dengan Storage hingga kapasitas 256 GB.

Dengan kapasitas memori yang besar, bisa menyimpan film atau series kesukaan tanpa khawatir akan kehabisan kapasitas memori penyimpanan.

Layar 

Samsung Galaxy A35 memiliki layar Super AMOLED 6,6 inci dengan kecepatan refresh 120Hz, kecerahan puncak 1.000 nits dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus di bagian depan.

Ponsel ini menghasilkan warna yang kontras dan mencolok, berkat kedalaman warna hingga 16 juta warna.

Ini merupakan layar dengan dukungan resolusi Full HD Plus atau 1080 x 2340 piksel. 

Layar ini juga mampu memberikan tampilan dan pergerakan mulus karena dukungan refresh rate atau laju penyegaran layar adaptif 120 Hz sehingga pergerakan di layar akan terlihat lebih mulus.

HP ini cocok untuk mengkonsumsi beragam konten yang ada, baik menonton video di YouTube maupun layanan streaming lainnya.

Ditambah fitur Vision Booster, konten di bawah sinar matahari atau kondisi minim cahaya masih bisa disaksikan dengan nyaman.

Kamera 

Samsung A35 5G dibekali denga konfigurasi tiga kamera yang terbilang cukup lengkap di kelasnya.

Sebenarnya susunannya tak jauh berbeda dengan Samsung A34 5G, namun kamera utamanya memiliki resolusi yang telah ditingkatkan dari 48 MP menjadi 50 MP (f/1.8).

Kamera utama tersebut memiliki ukuran sensor 1/1.96 inci dengan dukungan PDAF dan OIS (Optical Image Stabilization) yang masih dipertahankan.

Selain itu, ada juga kamera ultrawide dengan resolusi 8 MP (f/2.2) dan makro 5 MP (f/2.4) sebagai pelengkapnya.

Kamera ultrawide tersebut memiliki ukuran sensor sebesar 1/4.0 inci dengan FoV cukup luas hingga 123 derajat.

Di sektor kamera, perangkat ini hadir dengan kemampuan fotografi dengan hadir menyuguhkan susunan tiga lensa yang dibariskan vertikal lewat bodi belakangnya.

Tidak lain fungsinya yakni agar kamera dapat mengambil foto maupun video dengan lebih minim guncangan bisa dipakai merekam video hingga resolusi 4K 30 FPS atau 1080 P 60 FPS.

Berdasar pengujuan, hasil foto yang ditangkap saat siang hari terlihat tajam dengan warna yang vibrant sehingga cocok untuk pengguna yang ingin mengabadikan momen tanpa perlu mengedit foto terlebih dahulu.

Jangan lewatkan satu lensa lain di sisi muka yang merupakan kamera selfie beresolusi 13 MP dan lensa yang dikemas dalam poni punch hole ini juga mendukung perekaman video hingga resolusi 4K 30 FPS.

Peningkatan nightography yang bertumpu pada kamera 50MP yang diperkuat OIS dan VDIS, serta Super HDR Video, memungkinkan bisa merekam konten yang lebih jernih dan kaya detail. 

Baterai 

Diperkuat dengnan baterai 5000 mAh, ponsel pintar ini dapat memberikan ketahanan daya lebih baik dan juga didukung fitur pengecasan cepat alias fast charging 25 watt.

Fitur Super Fast Charging pada ponsel ini memungkinkan pengisian daya yang cepat, sehingga pengguna dapat mengisi daya baterai dari 0 persen hingga 50 persen dalam waktu hanya 30 menit. 

Pengecasan atau isi ulang daya baterai di ponsel Samsung ini tentu sudah mengadopsi port charging USB Type-C.

Tidak bisa dipungkiri, desain menjadi salah satu nilai jual alias keunggulan yang dihadirkan oleh perangkat ponsel pintar ini.

Walaupun berada di kelas midrange atau menengah, bisa dibilang identik dengan seri flagship bila membahas soal desainnya..

Tidak lain hal ini karena penyusunan tiga lensa secara vertikal yang seolah disemat langsung ke punggung belakang perangkat terlebih hadir mengadopsi bodi belakang dengan material kaca.

Tahan Air dan NFC  

Ponsel yang dikenalkan April 2024 ini ini memiliki proteksi tahan air dan debu IP67 dan memungkinkan dapat ditenggelamkan ke dalam air hingga 30 menit tanpa kendala sehingga  memberikan kepercayaan bagi pengguna yang sering menggunakan ponsel mereka di lingkungan yang berpotensi basah.

Samsung membawa beberapa fitur kekinian, termasuk salah satunya yakni Near Field Communication (NFC).

Adanya fitur NFC dapat membuat HP dipakai untuk beberapa keperluan, macam cek dan isi ulang saldo e-Money.

Tak ketinggalan, bodi yang terasa mahal seperti HP flagship ini didukung pula ketahanan debu dan air IP67.

Ponsel ini menggunakan sistem keamanan yang mengadopsi sistem operasi Android 14 berlapis tampilan One UI 6.1.

Samsung menyemat sistem keamanan Samsung Knox Vault pada HP ini yang merupakan sistem keamanan yang sebelumnya diadopsi flagship Galaxy Z Series dan S Series.

Solusi keamanan berbasis perangkat keras ini diklaim tahan dari serangan perangkat keras maupun perangkat lunak.

Prinsip pertahanannya dilakukan dengan membangun lingkungan yang secara fisik terisolasi dari prosesor utama dan memori utama sistem.

Sebagian artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A35 5G Maret 2024, Dibanderol Mulai 4 Jutaan

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #samsung #integrasikan #ponsel #pintar #galaxy #series #terbaru #dengan #ekosistem #galaxy

KOMENTAR