Sekilas Rasa Flagship di Galaxy A55 5G, Pas Dipakai Kerja dan Membuat Konten
Perangkat smartphone Samsung Galaxy A55 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com )
11:08
7 April 2024

Sekilas Rasa Flagship di Galaxy A55 5G, Pas Dipakai Kerja dan Membuat Konten

- Samsung Electronics Co, Ltd. meluncurkan seri baru Galaxy A Series di Indonesia pada awal Maret lalu. Samsung menghadirkan Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G, dua smartphone yang ditempatkan Samsung pada seri menengah ke atas.

Baik Galaxy A55 5G maupun Galaxy A35 5G menawarkan kemampuan fotografi rasa flagship yang membuat Samsung Galaxy dikenal, termasuk fitur-fitur seperti optical image stabilization (OIS) dan video digital image stabilization (VDIS) yang menjaga foto dan video tetap tajam bahkan ketika merekam saat bepergian.

Kedua perangkat baru ini juga melanjutkan tradisi Galaxy A series dalam menghadirkan pengalaman mobile yang seru dan imersif yang dapat diakses oleh semua orang. Pengguna dapat menyaksikan tayangan seri terbaru atau menjelajahi media sosial dengan layar Super AMOLED yang menampilkan kejernihan yang menakjubkan dalam Full High Definition.

JawaPos.com seperti biasa mendapatkan kesempatan menjajal smartphone ini. Dipakai untuk bekerja sehari-hari, berikut pengalaman kami saat mengulas smartphone Samsung yang ditawarkan di harga Rp 6 jutaan ini.

Desain Rasa Flagship

Seperti seri smartphone menengah ke atas dari Samsung belakangan ini, kiblat desainnya termasuk di Galaxy A55 5G kali ini adalah seri unggulan Samsung yakni Galaxy S Series dengan yang terdekat adalah Galaxy S24. Cerminan desain tersebut bisa dilihat dari modul kamera yang dibuat floating atau mengambang lensanya, tanpa housing atau penampang seperti model-model sebelumnya.

Penggunaan material kaca di bagian belakang dan frame berbahan metal alumunium memberikan juga memberikan kesan mewah saat dilihat atau digenggam, persis seperti di Galaxy S Series. Dengan adanya kaca kuat Corning Gorilla Glass Victus+ di bagian layar membuat smartphone ini tahan terhadap goresan. Sebagai informasi, Galaxy A55 5G hadir dengan tiga pilihan warna yang disebut sebagai Awesome Iceblue (putih kebiruan) Awesome Lilac (ungu kemerahan) dan Awesome Navy (biru kehitaman).

Dimensi bodi Samsung A55 5G adalah 161.1 x 77.4 x 8.2 mm dengan berat 213 gram. Untuk ukuran tersebut, smartphone nyaman digenggam, nggak kegedean seperti M Series sebelumnya yang pernah kami jajal yakni M54 5G. Juga, tidak ada masalah pada handling smartphone ini, finishing-nya halus, tidak tajam pada area sisi-sisinya walaupun bezelnya adalah metal.

Dipakai sehari-hari dalam waktu lama, hape ini enak banget. Kami bekerja beberapa pekan menggunakan smartphone ini. Hanya saja, seperti biasa, Samsung tak menyertakan aksesori berupa antigores terpasang atau pelindung casing tambahan. Jika takut tergores, kedua aksesori tersebut bisa dibeli secara terpisah.

Layaknya Samsung S series baru, Galaxy A55 5G ini juga hadir dengan fitur Key Island pada sisi kanan smartphone yang memuat tombol power dan volume 'Up-Down'. Sementara pada sisi kiri polos. Slot SIM Card berada di bagian bersama microphone sekunder.

SIM Tray-nya dapat menampung dua SIM maupun satu SIM dengan microSD yang dapat menampung hingga kapasitas 1 TB. Sementara pada bagian bawah terdapat area speaker dan port USB Type-C. Smartphone ini juga sudah mendukung e-SIM. Ya, tidak salah, smartphone Samsung kelas menengah ini sudah mendukung kartu SIM elektronik atau e-SIM.

Pada bagian depan, full area layar. Penuh, bezelnya terasa tipis, semakin mirip dengan smartphone flagship. Pada bagian depan juga halus, interaksi penggunaan sehari-hari di sisi layar terasa nyaman. Bentuk Samsung Galaxy A55 5G meniru kakaknya di varian flagship yakni S Series.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy A55 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com )

Layar AMOLED

Samsung Galaxy A55 5G sebagai seri smartphone menengah ke atas hadir dibekali spesifikasi layar yang sesuai harganya. Ada harga ada rupa, begitulah layar Samsung Galaxy A55 5G yang menyajikan kualitas terbaiknya. Samsung Galaxy A55 5G mengusung layar Super AMOLED berukuran 6.6 inci dengan resolusi FHD+ 1080 x 2340 piksel. Panel layar yang digunakan juga sudah memiliki teknologi refresh rate adaptif hingga 120 Hz. Selain itu, panel ini juga memiliki fitur HDR10+ dan diklaim memiliki kecerahan hingga 1000 nits.

Layar ini memberikan reproduksi warna yang mencolok dan warna hitam yang pekat, khas layar AMOLED. Dengan kecepatan refresh hingga 120Hz, pengalaman navigasi di ponsel ini terasa lebih mulus.

Kualitas panel AMOLED sudah tak perlu dijelaskan lagi. Visibilitas Galaxy A55 5G sangat dapat diandalkan, dengan tingkat kecerahan hingga 1000 nits di mode kecerahan tinggi (HBM), panel dari A55 5G terlihat perkasa bahkan dalam terpaan terik Matahari.

Untuk keperluan menunjang pekerjaan sehari-hari, Samsung Galaxy A55 5G sangat bisa diandalkan. Sementara untuk bikin konten, layar Galaxy A55 5G mendukung untuk berbagai keperluan baik membuat konten foto dan video. Sementara untuk yang senang main game, Galaxy A55 5G juga perform layarnya untuk menyelesaikan berbagai game kelas berat sekalipun. Mantap.

Kinerja Terbaik di Kelasnya

Dari segi jeroan atau dapur pacunya, Samsung Galaxy A55 5G juga memiliki kinerja terbaik dikelasnya. Bahkan, Samsung Galaxy A55 5G membawa peningkatan jika dibandingkan model yang sama sebelumnya yang rilis empat tahun lalu. Dapur pacu smartphone ini dibekali chipset Exynos 1480 yang jadi penerus dari 1380 bikinan Samsung sendiri. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 8 GB dengan storage 256 GB bertipe UFS yang menjanjikan performa yang lancar.

Sedikit bicara teknis, prosesor ini memiliki 4 core performa tinggi Cortex-A78 dengan clock speed 2.75 GHz dan 4 core efisiensi Cortex-A55 dengan clock speed 2.0. Sementara untuk mengelola grafis, Exynos 1480 menggunakan GPU Samsung Xclipse 530, chip grafis ini merupakan hasil kolaborasi Samsung dan AMD.

Hasil uji benchmark smartphone Samsung Galaxy A55 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com )

Xclipse 530 menjanjikan performa grafis dan pengalaman game yang mumpuni. Hasilnya, saat dijajal menggunakan aplikasi benchmark sintetis, Samsung Galaxy A55 5G memiliki skor yang tinggi seperti 732 ribu poin lebih dengan aplikasi AnTuTu Benchmark dan 12465 untuk aplikasi PC Mark Work 3.0 Performance.

Skor pada dua aplikasi pengujian kinerja tersebut cukup tinggi untuk segmen yang ada sekarang. Artinya, smartphone ini memiliki kapabilitas untuk performa harian baik untuk bekerja, membuat konten atau main game. Galaxy A55 5G dapat melibas sejumlah game populer di Android. HP ini dapat menjalankan game dengan lancar dengan frame rate yang stabil.

Fitur Lain

Fitur lain yang tak kalah penting yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A55 adalah proteksi tahan air dan debu IP67. Diklaim HP ini dapat ditenggelamkan ke dalam air hingga 30 menit tanpa kendala, untuk segmennya, fitur yang bisa mengajak smartphone berenang ke air ini jelas jadi highlight yang menarik.

Dari sisi sistem operasi atau OS, Galaxy A55 5G hadir dengan One UI 6.1 berbasis Android 14. Smartphone ini dijanjikan mendapat pembaruan OS selama 4 tahun dan pembaruan keamanan selama 5 tahun. Keamanan juga menjadi hal yang diperhatikan oleh Samsung. Galaxy A55 memiliki sistem keamanan bernama Samsung Knox Vault. Fitur ini menggunakan sistem keamanan berbasis hardware yang dapat melindungi beberapa data dari serangan hacker, baik melalui software maupun hardware.

Data yang dilindungi oleh Knox Vault berupa data pribadi, kredensial lock screen (pola, PIN, kata sandi), hingga enkripsi data pengguna di perangkat. Selain itu, tertanam juga sensor fingerprint di dalam layar yang dapat membaca sidik jari dengan cepat. Jadi, area fingerprint-nya sudah under display atau dibawah layar.

Smartphone ini juga sudah mendukung NFC. Kemudian dari sisi daya, Galaxy A55 5G dibekali baterai 5.000 mAh yang mendukung fast charging. Kapasitas baterai ini cukup buat beragam aktivitas seharian, dan berdasarkan pengalaman kami kerja menggunakan smartphone ini, Galaxy A55 5G kuat sampai malam.

Fotografi Terbaik

Untuk fotografinya, Samsung Galaxy A55 5G hadir dengan kamera utama 50 MP dengan OIS, kamera ultrawide 12 MP, kamera makro 5 MP. Sementara pada bagian depan, Samsung Galaxy A55 5G memiliki kamera selfie berukuran 32 MP.

Fitur unggulan dari Galaxy A55 adalah fitur Nightography yang dapat menangkap foto dengan hasil maksimal meskipun di kondisi kurang cahaya. Gampangnya, fitur ini adalah mode malam saat kamera diajak memotret dalam kondisi minim cahaya.

Hasilnya, foto yang dijepret menggunakan kamera Galaxy A55 memberikan hasil yang terang dengan warna yang khas Samsung. Dengan tambahan fitur 50 MP di kamera belakang, HP ini dapat menangkap detail yang lebih tajam.

Hasil gambarnya juga tak berlebihan. Enak dilihat. Kamera selfie-nya juga oke. Pada skenario pemotretan cahaya cukup, hasil foto Galaxy A55 5G mantap. Sementara pada kondisi minim cahaya, fitur Nightography yang ada juga cukup membantu.

Kesimpulan

Selama beberapa waktu menggunakan Samsung Galaxy A55 5G, smartphone ini sangat bisa diandalkan untuk berbagai keperluan. Hape ini bisa diajak kerja. Untuk yang senang bikin konten, hape ini bisa diajak bikin konten. Sementara untuk yang mau main game, hape ini juga bisa diandalkan.

Dengan banderol harganya, smartphone ini bisa dibilang adalah "versi murah" S Series. Bentuknya juga sama, desainnya ala S Series, jadi makin mirip S Series kalau tidak ditegaskan dari dekat. Secara keseluruhan, smartphone ini hampir tak ada catatan, dijual dan ditawarkan dengan harga sesuai spesifikasinya.

Berikut hasil kamera Samsung Galaxy A55 5G dalam berbagai skenario pemotretan:

Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com

Editor: Edy Pramana

Tag:  #sekilas #rasa #flagship #galaxy #dipakai #kerja #membuat #konten

KOMENTAR