Siap-siap Jaringan Jelang Lebaran, Telkomsel Prediksi 288 Titik Alami Lonjakan Trafik
Jumpa pers daring Telkomsel terkait persiapan jaringannya jelang Lebaran Idul Fitri. (RianAlfianto/JawaPos.com).
08:04
28 Maret 2024

Siap-siap Jaringan Jelang Lebaran, Telkomsel Prediksi 288 Titik Alami Lonjakan Trafik

  Operator seluler (opsel) pelat merah, Telkomsel mulai mempersiapkan jaringannya jelang Lebaran Idul Fitri. Sejumlah titik atau Point of Interest (PoI) diprediksi akan mengalami lonjakan trafik pada momentum Idul Fitri 1445 Hijriah.   Wakil Direktur Operasi Jaringan Global Telkomsel Galumbang Pasaribu menjelaskan, Telkomsel berupaya memastikan kenyamanan komunikasi dengan melakukan persiapan di sejumlah site BTS-nya. Telkomsel sudah melakukan optimalisasi supaya pemudik aman (dalam berkomunikasi)," jelas Galumbang melalui jumpa pers daring pada Rabu (27/3).   Galumbang melanjutkan, optimalisasi jaringan sudah dilakukan pada lebih dari 244.000 menara base transceiver station (BTS) milik Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia. Telkomsel juga menyiagakan 36 unit BTS bergerak alias Combat di sejumlah titik yang diperkirakan akan mengalami trafik internet yang cukup tinggi.  

  "Jadi, ketika mereka (masyarakat) berada di sana, mereka terlayani dengan baik," imbuh Galumbang.   Operator seluler tersebut juga memberikan perhatian khusus pada 444 titik yang diperkirakan akan menjadi pusat keramaian, seperti jalan raya utama, jalan provinsi, jalan tol, jalur kereta api, terminal, pelabuhan dan bandar udara.   Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).   

  Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama momen Ramadhan dan Idul Fitri 2024.   "Harapannya pelanggan itu happy. Tidak ada yang dragging, pelanggan tidak puas, sehingga ketika buka video, langsung jalan," pungkas Galumbang.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #siap #siap #jaringan #jelang #lebaran #telkomsel #prediksi #titik #alami #lonjakan #trafik

KOMENTAR