Intip Produk Buatan Apple Developer Academy: Dari Alat Manajemen Listrik hingga Pendeteksi Kanker
Apple Developer Academy di Binus, BSD, Tangerang. [Suara.com/Dicky Prastya]
06:32
28 Maret 2024

Intip Produk Buatan Apple Developer Academy: Dari Alat Manajemen Listrik hingga Pendeteksi Kanker

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi baru saja mengunjungi Apple Developer Academy di kawasan BSD, Tangerang, pada Selasa (27/3/2024) kemarin.

Ia mendatangi lokasi pelatihan tersebut jelang kedatangan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia pada 20 April 2024 nanti.

Budi Arie bercerita soal kegiatan belajar mengajar dan beberapa produk yang dikembangkan para peserta Apple Academy. Disebutkan kalau mereka mengembangkan aplikasi manajemen listrik hingga karbon untuk ramah lingkungan.

“Mereka tampilkan beberapa produk-produk yang luar biasa. Berbagai macam, misalnya soal listrik (manajemen power di rumah masing-masing), karena menurut hitungan mereka, bisa hemat 30 persen," tuturnya saat ditemui di BSD, Selasa (27/3/2024).

"Ketika siang hari, kita kebanyakan pakai listrik agak serampangan saat berada di dalam ruangan, lampu dinyalain. Nah, dengan sistem yang mereka bikin (aplikasi sendiri) bisa menghemat 30 persen,” sambungnya lagi.

Menkominfo turut diperlihatkan soal aplikasi emisi karbon yang berguna untuk manajemen penggunaan limbah sampah. Ada pula produk seperti aplikasi yang bisa mendeteksi kanker.

Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di Apple Academy BSD, Tangerang, Selasa (26/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di Apple Academy BSD, Tangerang, Selasa (26/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]

"Saya juga lihat soal konveksi kanker yang sudah canggih. Sekarang ini angkanya sudah 66 sampai 67 persen, mereka mau ke 80 persen sampai 90 persen tingkat akurasinya,” imbuhnya.

Budi Arie mengungkapkan kalau sistem pembelajaran yang berlangsung di  Apple Developer Academy menggunakan skema Challenge Based Learning.  Artinya, peserta didik ditantang membuat solusi berupa aplikasi setelah menerima dasar-dasar pembelajaran.

“Ya, namanya akademi ini kan tempat orang belajar. Kalau sumber daya manusianya (SDM) muncul yang hebat-hebat, bagus-bagus, nanti juga akan mendukung penguatan masyarakat digital,” katanya.

Lebih lanjut Budi Arie menyebut, hasil akhir dari penerapan teknologi adalah masyarakat yang lebih produktif. Oleh karenanya dia mengapresiasi komitmen Apple dalam mendorong pengembangan talenta digital dan memproduksi berbagai aplikasi yang bisa berguna bagi masyarakat.

“Kita melihat bahwa setiap korporasi di Indonesia harus punya stakeholders value. Dalam hal ini lingkungan tempat dia tumbuh (ekosistemnya harus lebih bagus). Apple saya pikir adalah perusahaan yang memiliki komitmen itu, untuk mendorong peningkatan kualitas ekosistem,” pungkasnya.

Sekadar informasi, CEO Apple Tim Cook akan berkunjung ke Indonesia pada 20 April 2024 mendatang. Hal ini diumumkan oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi maupun Wamenkominfo Nezar Patria.

Di sana, bos Apple itu akan meresmikan tempat pelatihan Apple Developer Academy. Dengan demikian jumlah Apple Academy di Indonesia akan bertambah dari yang sebelumnya ada di Surabaya, Batam, dan BSD Tangerang.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #intip #produk #buatan #apple #developer #academy #dari #alat #manajemen #listrik #hingga #pendeteksi #kanker

KOMENTAR