Adu Banteng MG VS HEV dengan Yaris Cross Hybrid, Siapa Lebih Unggul?
MG VS HEV (Istimewa)
15:28
25 Maret 2024

Adu Banteng MG VS HEV dengan Yaris Cross Hybrid, Siapa Lebih Unggul?

- Baru-baru ini MG merilis mobil hybrid pertama mereka untuk market Indonesia, yaitu adalah MG VS HEV. Sesuai namanya, mobil ini membawa konsep penggerak mesin pembakaran konvensional dikawinkan dengan powertrain listrik atau Hybrid Electric Vehicle.

 

Sebagai mobil hybrid, MG VS HEV diluncurkan dengan banderol harga yang menarik sebab harganya nggak sampai Rp 500 juta. Melihat segmen harganya, mobil tersebut adalah lawan berat bagi Yaris Cross Hybrid dari Toyota. Belum lama hadir, Toyota Yaris Cross Hybrid dilego dengan harga Rp 440 jutaan. Penasaran dengan perbandingan keduanya? Mana yang lebih unggul? Berikut JawaPos.com buatkan adu banteng antara MG VS HEV dengan Toyota Yaris Cross Hybrid.

Mesin

Dimulai lebih dulu dari MG VS HEV. Sebagai unit paling baru, MG VS HEV dari segi xn teknologi hybrid dengan bekal mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.500 cc dan dipadukan dengan motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga 200 kW. Di atas kertas mobil ini diyakini mampu memproduksi tenaga maksimal 177 hp dengan torsi puncak yang mencapai 200 Nm.

Mobil ini menjanjikan akselerasi 0-100 km hanya dalam 8,9 detik, tenaga 177 HP, dan torsi maksimum 200 Nm, MG VS HEV menyediakan perjalanan yang responsif dan maksimal dalam kenyamanan. Ditambah dengan teknologi KERS dalam 3 level untuk penggunaan energi yang efisien dan 3 mode berkendara yang dapat disesuaikan, MG VS HEV memastikan efisiensi tanpa mengorbankan kinerja.

Sementara untuk Yaris Cross Hybrid, mobil tersebut dibekali dengan mesin 2NR-VEX yang digadang-gadang mampu menggelontorkan daya 82 kW dengan torsi 141 Nm. Mesinnya dibekali juga dengan EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan.

Pada varian hybrid mengaplikasikan Toyota Hybrid System (THS) disertai pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang diklaim lebih kompak dan bertenaga.

Toyota Yaris Cross hybrid (Toyota Astra Motor)  

Fitur

Terkait fitur, MG VS HEV, melalui MG i-SMART, MG VS HEV menghadirkan rangkaian Vision Technology yang memastikan konektivitas dan keselamatan real-time. Dengan fitur SMART Check, SMART Command, dan SMART Connect, kendaraan ini memperkaya pengalaman berkendara dengan informasi dan hiburan yang intuitif dan cerdas.

MG juga tidak hanya fokus pada performa dan desain tetapi juga pada keselamatan dan teknologi yang komprehensif. MG VS HEV dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih, termasuk 6 SRS Airbags, teknologi pengereman canggih seperti ABS dan EBD, dan sistem Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang membantu menjaga tekanan ban dalam kondisi optimal.

Ada juga fitur konektivitas seamless dengan Android Auto & Apple Carplay, serta fitur kenyamanan modern seperti Wireless Charging dan 360 derajat HD Around View Mirror, semuanya dirancang untuk menyediakan pengalaman berkendara yang aman, terhubung, dan menyenangkan.

Sementara pada Yaris Cross hybrid dibekali layar head unit 10,1 inci yang sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto, serta MID 7 inci yang sudah full digital. Kabin semakin mewah berkat panoramic roof berukuran besar di bagian atap.

Yaris Cross Hybrid juga sudah dibekali dengan tiga mode berkendara, yakni ECO, Normal dan Power, serta dilengkapi dengan electric parking brake dan ada juga modern wireless charger. Untuk fitur keamanan, Yaris Cross Hybrid hadir dengan fitur keamanan mulai dari Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

Selain itu, ada juga teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) seperti Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, Automatic High Beam.

Tak ketinggalan fitur T Intouch ikut melengkapi fitur Yaris Cross (semua tipe) untuk memaksimalkan keamanan serta konektivitas pelanggan. Mulai dari find my car, e-care, trip driving update hingga road assistance.

Harga

Bicara harga, MG VS HEV hadir dengan harga lebih murah ketimbang Toyota Yaris Cross Hybrid. Di Tanah Air, mobil hybrid MG VS hadir dengan harga Rp 389 juta (OTR Jakarta). Sementara pada Corolla Cross Hybrid, banderol harganya berada di angka Rp 440 jutaan (OTR Jakarta). (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #banteng #dengan #yaris #cross #hybrid #siapa #lebih #unggul

KOMENTAR