Tergiur Harga Murah Mudik Pakai Busi Palsu, Ini Resikonya
Busi palsu maupun KW banyak beredar dipasaran, konsumen diharapkan berhati-hati. [Ilustrasi]
08:12
23 Maret 2024

Tergiur Harga Murah Mudik Pakai Busi Palsu, Ini Resikonya

- Tak sedikit kebutuhan konsumen yang ingin komponen berkualitas tinggi, akan tetapi tak ingin bayar mahal untuk mendapatkan komponen berkualitas. Point ini yang menjadi peluang dan dimainkan oleh para pemalsu produk otomotif, termasuk busi.

Padahal peran utama busi sangat pentin yaitu mengubah energi listrik yang datang dari koil pengapian menjadi percikan api dan inilah titik awal dari proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang pembakaran mesin.

Namun fungsi busi tidak berhenti di situ. Selain sebagai pemicu, busi juga menjaga mesin kendaraan tetap stabil saat kendaraan dalam keadaan diam dan berkontribusi pada performa keseluruhan mesin.

Menurut Diko Oktaviano sebagai Technical Support PT NGK, mengingatkan pemilik kendaraan harus jeli dan harus berhati-hati memilih busi, pasalnya nya banyak busi palsu yang beredar di pasaran.

"Biasanya yang menjadi aneh dilapangan adalah masalah harga, jangan tergiur dengan harga murah tapi kualitasnya bisa "menyiksa kendaraan Anda. Bahkan saat ini banyak busi merek kami yang dipalsukan," Ujar Diko

"Dipasaran tak sedikit beredar busi palsu atau KW memiliki kemampuan dalam memercikan bunga api yang berbeda, sehingga hasil pembakarannya juga berbeda, lebih buruk. Selain itu ketahanan busi KW tidak seawet busi yang asli," tambah Diko.

Sebaiknya hindari penggunaan busi KW atau palsu, apalagi digunakan untuk jarak jauh atau saat melakukan perjalanan mudik. Ini bisa membuat tidak nyaman dan membahayakan selama perjalanan.

Beberapa hal negatif atau efek buruk yang akan terjadi pada kendaraan Anda bila menggunakan busi palsu, diantaranya:

Sistem Pengapian Tidak Sempurna

Menggunakan busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mengakibatkan sistem pengapian yang tidak sempurna. Busi palsu mungkin tidak memiliki karakteristik yang tepat untuk mesin Anda.

Hasilnya, pembakaran bahan bakar di dalam mesin menjadi tidak efisien, yang berdampak pada performa mesin. Mesin akan bekerja keras dan panas, tetapi daya yang dihasilkan akan lebih rendah.

Tidak hanya mengurangi akselerasi dan kecepatan maksimum mobil, tetapi juga dapat memperpendek masa pakai mesin secara keseluruhan. Sistem pengapian yang tidak sempurna dapat menghasilkan emisi gas buang yang lebih tinggi, berdampak negatif pada lingkungan.

Performa Mesin Menurun

Busi palsu dapat mengakibatkan penurunan performa mesin yang signifikan. Mesin yang tidak mendapatkan pengapian yang tepat akan berjalan dengan daya yang lebih rendah dan kurang responsif.

Ini bisa menjadi masalah serius saat Anda memerlukan akselerasi cepat atau ketika melewati jalan berbukit. Penurunan performa mesin juga dapat mengakibatkan peningkatan suhu mesin secara keseluruhan akibat efek buruk busi palsu.

Ini bisa mengakibatkan masalah lebih lanjut seperti overheat, yang dapat merusak komponen-komponen mesin dan mengakibatkan kerusakan yang lebih serius akibat efek buruk busi palsu.

Proses Start Terhambat

Menghambat proses start pada kendaraan terutama menjadi masalah dalam kondisi cuaca yang dingin atau mesin yang sudah tua. Busi palsu mungkin tidak dapat menciptakan percikan api yang kuat dan konsisten yang diperlukan untuk menghidupkan mesin.

Hal ini dapat mengakibatkan mobil kesulitan untuk menyala atau bahkan gagal start. Bila upaya berulang untuk menghidupkan mesin yang gagal start dapat memberikan tekanan tambahan pada baterai dan sistem starter, yang pada akhirnya dapat mempersingkat masa pakai komponen-komponen ini.

BBM Boros

Ketika busi tidak berfungsi dengan baik dan pembakaran bahan bakar tidak optimal, mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama. Akibatnya, mobil akan menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk perjalanan yang sama, yang berarti efisiensi bahan bakar menurun secara signifikan.

Ruang Pembakaran Kotor

Busi palsu yang terbuat dari material besi yang panas cenderung meninggalkan residu akibat lelehannya. Residu ini dapat menumpuk dan melekat pada dinding silinder atau permukaan piston dalam mesin.

Akumulasi residu ini dapat menyebabkan gangguan serius pada ruang pembakaran sebagai efek buruk busi palsu. Pada gilirannya akan mengganggu proses pembakaran yang optimal.

Ketika ruang pembakaran menjadi kotor dan terdistorsi, campuran bahan bakar dan udara tidak dapat terbakar dengan baik.

Risiko Kendaraan Terbakar

Efek paling serius dari penggunaan busi palsu adalah risiko terbakarnya kendaraan. Disebabkan lelehan material yang tidak habis terbakar dapat menumpuk di dalam silinder mesin.

Selanjutnya, sisa-sisa lelehan material ini dapat memunculkan titik api baru yang disebut “surface ignition.” Jika surface ignition terjadi dan tidak dikendalikan dengan baik, ini dapat menyebabkan kebakaran yang merusak mesin dan bahkan membahayakan nyawa pengendara dan penumpang.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #tergiur #harga #murah #mudik #pakai #busi #palsu #resikonya

KOMENTAR