Fitur Baru WhatsApp, Pengguna Dapat Posting Video Status Durasi 1 Menit
Ilustrasi WhatsApp (Unsplash/Eyestetix Studio)
16:56
21 Maret 2024

Fitur Baru WhatsApp, Pengguna Dapat Posting Video Status Durasi 1 Menit

WhatsApp sedang menguji coba dua fitur baru di mana salah satunya terkait status. Melalui fitur baru ini, pengguna nantinya bisa memposting video berdurasi 1 menit lewat Status WhatsApp.

Dua fitur baru yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp terkait dengan Voice Notes dan Status WA. Sebagai catatan, ini masih dalam tahap uji coba alias beta. Hal tersebut berarti fitur belum meluncur ke khalayak luas.

Fitur posting video status durasi 1 menit masih tersedia secara terbatas di kalangan beta tester (penguji beta). Namun apabila tak terlalu banyak bug atau kendala, fitur diharapkan dapat hadir ke publik dalam waktu dekat.

Menurut WABetaInfo, kemampuan memposting video hingga 1 menit hadir pada update Android 2.24.7.6. Perlu diketahui, WhatsApp saat ini hanya memungkinkan pengguna memposting video berdurasi 30 detik dalam update status mereka.

Cukup merepotkan jika pengguna ingin memposting video yang lebih lama. Itu mengharuskan mereka membagi video menjadi klip berdurasi 30 detik, lantas mengunggahnya. Fitur baru WhatsApp diharapkan dapat memecahkan masalah tersebut.

Ilustrasi Status WhatsApp. (WhatsApp)Ilustrasi Status WhatsApp. (WhatsApp)

Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk mempersingkat video dengan pengeditan rumit untuk menyampaikan pesan. Dikutip dari MySmartPrice, Instagram sudah memungkinkan pengguna memposting video yang lebih panjang di Stories. Jadi hanya masalah waktu sebelum kemampuan tersebut hadir di WhatsApp.

WhatsApp beta pada update Android 2.24.7.8 memperlihatkan fitur baru pada Voice Notes. Pengguna nantinya dapat "membaca" pesan suara tanpa perlu memutar suara melalui speaker.

Pembacaan bisa dilakukan karena WhatsApp menghadirkan fitur transkrip pada Voice Notes. WhatsApp telah memperkenalkan transkripsi Voice Notes pada aplikasi Beta untuk iOS dan sekarang berupaya menghadirkannya ke Android. Layanan transkripsi Voice Notes mengharuskan pengguna mengunduh 150 MB data aplikasi baru.

Fitur ini sangat berguna untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran. Selain itu, fitur  baru WhatsApp juga membantu pengguna untuk membaca pesan lebih praktis tanpa perlu memutarnya melalui earphone dan speaker.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #fitur #baru #whatsapp #pengguna #dapat #posting #video #status #durasi #menit

KOMENTAR