Bocoran Sony PS5 Pro, Lebih Cepat dan Efisien dari PS5 Biasa
Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
07:24
19 Maret 2024

Bocoran Sony PS5 Pro, Lebih Cepat dan Efisien dari PS5 Biasa

Sony dilaporkan sedang mengembangkan PlayStation 5 Pro atau PS5 Pro pada akhir tahun nanti. Konsol ini disebut lebih cepat dan efisien ketimbang PS5 biasa yang rilis November 2020 lalu.

Menurut laporan dari Insider Gaming, memori sistem PS5 Pro (576 GB/s) akan lebih efisien dibandingkan PS5 biasa (448 GB/s), yang mana peningkatan bandwidth mencapai 28 persen.

Model Pro juga akan mengusung CPU AMD Zen 2 delapan core, mirip seperti PS5 biasa. Bedanya, konsol generasi baru ini memiliki mode High CPU Frequency yang menambah clock speed menjadi 3,85GHz.

Angka itu meningkat 10 persen ketimbang PS5 biasa dengan clock speed 3.5GHz, dikutip dari Gadgets360, Senin (18/3/2024).

Dengan mode ini, alokasi daya ke CPU akan lebih banyak, tapi menurunkan clock GPU hingga 1,5 persen. Sehingga ini menghasilkan kinerja GPU 1 persen lebih rendah.

Bocoran lainnya ada di peningkatan audio, di mana PS5 Pro memiliki clock speed lebih tinggi ketimbang versi standar. Dengan demikian kinerjanya bisa 35 persen lebih baik.

Kemudian PS5 Pro juga akan memiliki drive disk yang bisa dilepas sama seperti PS5 biasa, tapi lebih ramping. Sedangkan kapasitas memorinya mencapai 1TB.

Minggu lalu, laporan lain turut mengungkapkan bocoran spesifikasi PS5 Pro dengan peningkatan GPU. Disebutkan konsol generasi baru ini akan menampilkan rendering 45 persen lebih cepat dari PS5 biasa.

Hanya saja Sony belum secara resmi mengumumkan kehadiran PS5 Pro. Tapi jika dilihat dari rekam jejaknya, PS4 Pro dirilis sekitar tiga tahun usai PS4 biasa.

Jadi PS5 Pro kemungkinan bisa menjadi konsol baru, yang akan melengkapi PS5 biasa dan PS5 Slim.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #bocoran #sony #lebih #cepat #efisien #dari #biasa

KOMENTAR