Realme C51 vs Redmi 13c, Meluncur Tahun Lalu, Masih Layak Dibeli?
Realme C51 hadir dengan spesifikasi lumayan untuk kelas entry-level. (Istimewa).
16:12
18 Maret 2024

Realme C51 vs Redmi 13c, Meluncur Tahun Lalu, Masih Layak Dibeli?

- Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-5 realme Agustus tahun lalu, realme meluncurkan Realme 11. Mengisi pasar kelas menengah ke bawah, realme 11 saat itu nggak meluncur sendirian. Masih ada handset lainnya yang juga dirilis yakni realme C51 yang harganya lebih terjangkau lagi.   Realme C51 digadang-gadang hadir dengan mendobrak semua ekspektasi pada smartphone di pasar entry-level. Realme C51 berfokus pada peningkatan fitur-fitur penting bagi para pengguna, membawa peningkatan besar pada pengisian daya cepat, memori, kamera, dan desain untuk pengalaman pengguna yang luar biasa di kelas harga Rp 1 jutaan.   Tak berselang lama, di segmen yang sama, realme kedatangan lawan serius dari kompetitornya yakni Redmi 13c. Diklaim hadir membawa standar baru smartphone entry level melalui inovasi dan ragam fitur yang lebih lengkap, lebih besar dan tentunya lebih smooth, Redmi 13C dibanderol terjangkau juga.   Menarik untuk membandingkan kedua smartphone murah realme C51 vs Redmi 13c. Penasaran? Berikut JawaPos.com buatkan adu banteng keduanya, apakah masih layak dibeli? Simak selengkapnya.   Realme C51  

  Realme C51 saat diluncurkan disebut berfokus pada peningkatan fitur-fitur penting bagi para pengguna, membawa peningkatan besar pada pengisian daya cepat, memori, kamera, dan desain untuk pengalaman pengguna yang luar biasa.   Dimulai dari jeroan atau otaknya, realme C51 ditopang chipset Unisoc T612, dipadukan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan media 128 GB. Ponsel ini dilengkapi fitur virtual RAM 4 GB untuk mengekspansi RAM hingga 8 GB. Ponsel ini juga memiliki slot microSD untuk memperluas penyimpanan hingga 2 GB.   Dari aspek visualnya, realme C51 mengusung layar LCD 6,7 inci dengan resolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, serta tingkat kecerahan (brigtness) hingga 560 nits. Rasio layar ke bodinya mencapai 90,3 persen.   Untuk sektor fotografi, Realme C51 dibekali dua kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, AI) serta kamera makro 2 MP. Ponsel ini memiliki kamera depan 8 MP (f/2.0, AI).   Dari sisi daya, realme C51 hadir dengan pengisian daya tercepat di kelasnya, melalui 33W SuperVooc Charge. Smartphone ini menyediakan teknologi pengisian daya bertegangan tinggi dan arus rendah.   

  Hanya membutuhkan waktu 28 menit untuk mengisi daya 50 persen baterai pada realme C51. Dengan baterai besar 5.000 mAh, anak muda juga dapat menikmati masa pakai baterai siaga hingga 40 hari, dan 37 jam menelepon.   Smartphone ini juga membawa RAM Dinamis 8 GB ditambah memori penyimpanan terbesar hingga 128 GB di segmennya. Penyimpanan yang besar memberikan pengalaman pengguna yang bebas dari rasa khawatir. Selain itu, Realme C51 mendukung memori eksternal melalui kartu MicroSD hingga kapasitas 2 TB.   Realme juga melakukan lompatan lebih jauh kali ini dengan menghadirkan NFC di rentang harga Rp 1 jutaan, fitur yang jarang ditemukan pada smartphone lain di kelasnya. Dengan hadirnya NFC di Realme C51, banyak pengguna yang dapat merasakan kemudahan konektivitas yang selama ini mereka impikan.   Redmi 13c   Ilustrasi: Smartphone Redmi 13C. (Istimewa).   Selanjutnya dari Redmi 13c. Di rentang harga Rp 1 jutaan, Xiaomi Redmi 13C 4G ditenagai oleh chipset delapan inti (octa-core) MediaTek Helio G85, dengan kecepatan clock maksimum 2 GHz. System-on-Chip (SoC) ini dipadukan dengan RAM 6 GB/8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB.   Sama seperti realme C51, Redmi 13c juga dilengkapi dengan RAM yang dapat diperluas hingga 8 GB dengan memanfaatkan fitur Extended RAM. Di sisi lain, storage bisa ditambah menggunakan kartu microSD hingga 1 TB juga.   Untuk visualnya, Xiaomi Redmi 13C 4G mengusung layar LCD 6,74 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, kerapatan piksel 260 ppi, dan tingkat kecerahan (brightness) 450 nits.    Untuk kameranya, hape ini di bagian depan terdapat kamera selfie 8 MP (f/2.0). Sementara kamera utamanya, Redmi 13C dibekali kamera utama 50 MP (f/1.8) berteknologi AI, kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera penunjang Auxiliary Lens.    Xiaomi Redmi 13C ditopang oleh baterai jumbo 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 18 Watt. Baterai ini diklaim bisa bertahan 25 jam dalam mode siaga (standby), 31 jam untuk menelepon, dan 23 jam untuk pemutaran video.   Redmi 13C menariknya juga sudah mendukung fitur NFC tidak seperti seri terdahulunya. Adanya fitur NFC ini mempermudah kamu untuk keliling kemanapun menggunakan transportasi umum tanpa perlu ke minimarket untuk hanya sekedar mengecek saldo. Begitupun kamu juga bisa sangat efisien melakukan isi ulang e-money.   

  Kesimpulan   Dari perbandingan kedua smartphone di atas dapat ditarik kesimpulan, di rentang harga yang sama, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya sama-sama unggul di sektor kamera yang mengusung modul utama 50 MP.    Keduanya juga sama-sama punya NFC. Baterainya juga sama besar. Sama-sama menarik untuk dipertimbangkan untuk dipinang. Hanya dari sisi desain, tampaknya realme C51 lebih menarik. Silakan dipertimbangkan masing-maisng sesuai selera. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #realme #redmi #meluncur #tahun #lalu #masih #layak #dibeli

KOMENTAR