Hindari Kecelakaan Berkendara di Musim Hujan dengan Pengecekan Kendaraan Secara berkala , Simak 5 Tips Berikut!
Ilustrasi penanganan banjir musim hujan. (Radar Malang)
13:04
17 Maret 2024

Hindari Kecelakaan Berkendara di Musim Hujan dengan Pengecekan Kendaraan Secara berkala , Simak 5 Tips Berikut!

 

 –  Cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia, membuat curah hujan turun menjadi tidak menentu.

Oleh karenanya, pengendara perlu mempersiapkan diri saat menghadapi hujan seperti menyediakan jas hujan dan melakukan cek keamanan kendaraan bermotor.

Pengecekan kendaraan bermotor menjadi hal yang wajib untuk dipersiapkan, karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang dapat merusak beberapa bagian motor, mulai dari besi hingga cat pada bodi motor.

Pengecekan kendaraan bermotor secara berkala perlu dilakukan untuk menghindari berbagai masalah pada kendaraan selama musim hujan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan yang diakibatkan dari kendaraan yang bermasalah.

Dikutip dari lama Astra Honda, Minggu (17/3), berikut bagian dari kendaraan bermotor yang perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala.

  1. Ban Motor

Ban harus memiliki tekanan angin yang sesuai, seperti tekanan angin 28 - 30 psi pada roda depan dan 31 - 33 psi untuk roda belakang untuk motor matic.

Penyetelan tersebut berlaku pula pada motor bebek atau moped. Sedangkan terhadap motor sport disarankan memakai tekanan angin 39 - 41 psi roda depan dan roda belakang 39 - 41 psi.

Ban yang kurang angin berpotensi munculnya benjolan pada dinding samping ban. Benjolan ini membuat ban menjadi kurang kuat saat menahan benturan yang keras sehingga berpotensi ban meledak atau pecah.

Pastikan juga ban motor bagian depan dan bagian belakang dalam keadaan tidak gundul. Tread Wear Indicator (TWI) menjadi batas keausan ban yang biasa tertera pada dinding ban. Jika titik TWI sudah tersentuh, itu artinya ban sudah harus diganti.

  1. Rem Cakram Dan Tromol Motor

Fungsi utama rem adalah memperlambat dan menghentikan putaran roda. Upayakan juga bagian ini selalu bersih dari kotoran. Adanya kotoran di bagian itu dapat merusak piringan cakram serta membuat rem tidak bekerja secara maksimal. 

Untuk tipe rem cakram, Anda bisa melihat ketebalan kanvas rem motor. Sementara untuk motor dengan pelengkap tromol, bisa melihat kondisi pada tuas panel belakang apakah masih layak atau tidak.

  1. Busi Dan Cop Busi Motor

Air menjadi lawan utama untuk busi, pasalnya busi memiliki peran untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan dari koil menjadi percikan api. Oleh sebab itu pada bagian sekitar busi harus selalu dalam keadaan kering.

Jika busi sudah dalam kondisi tidak baik disarankan untuk menggantinya, Busi rusak akan berakibat pada performa kendaraan motor yang menurun.

Pemeriksaan tutup busi atau Cop busi dapat dilakukan dengan cara mencabut Cop atau karet penutup busi, kemudian bersihkan air dan kotoran pada tutup busi agar kembali bersih.

  1. Kelistrikan Pada Motor

Kelistrikan motor tidak kalah pentingnya, dalam melakukan pengecekan bisa mulai dengan menghidupkan motor dan mencoba menggunakan klakson, lampu depan dan beberapa bagian lainnya.

Di Musim hujan peran lampu terbilang penting, dengan jarak pandang terbatas lampu yang menyala dapat membantu Anda saat berkendara dan pengendara lain.

  1. Cek Rantai atau CVT

Rantai tentu hal yang wajib untuk diwaspadai, pasalnya air hujan dapat menimbulkan karat pada rantai. Pembersihan dan perawatan dengan melumasi rantai menggunakan chain lube, bisa membuat rantai lebih awet.

Jangan lupa juga untuk melakukan penyetelan rantai agar tidak menjadi kendor, Rantai yang terlalu kendor dapat  menyebabkan gesekan yang berlebihan antara rantai dan gir, Jika dibiarkan terus menerus ini bisa merusak gir dan membuatnya cepat aus.

Sementara untuk pengguna motor matic agar menghindari genangan air yang menutupi mesin. Ini bisa merusak beberapa komponen, seperti halnya area CVT yang terendam air tidak akan berfungsi secara normal.

Jika sampai CVT kemasukan air dan menjadi kotoran, efeknya transmisi bisa mengalami slip, komponen jadi cepat aus dan bahkan bisa jebol kalau diabaikan,

Dengan melakukan pengecekan motor, tubuh yang sehat dan kendaraan yang lengkap tentunya hujan bukan lagi halangan untuk kalian melakukan aktivitas berkendara, namun perlu juga ingat untuk selalu rutin melakukan pengecekan motor secara berkala.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hindari #kecelakaan #berkendara #musim #hujan #dengan #pengecekan #kendaraan #secara #berkala #simak #tips #berikut

KOMENTAR