Google Bikin Ramadhan Lebih Menyenangkan, Nggak Percaya? Coba Fitur Ini
Fitur Google bikin Ramadhan tahun ini jadi lebih menyenangkan. (Google)
12:24
17 Maret 2024

Google Bikin Ramadhan Lebih Menyenangkan, Nggak Percaya? Coba Fitur Ini

- Lebih dari satu miliar umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan. Berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Di negara dengan lebih dari seribu kelompok etnis, beragam minat dan gaya hidup, masyarakat mempunyai tradisi dan cara yang berbeda-beda dalam merayakan Ramadhan.

Berdasarkan data yang diungkap Google melalui Google Trends selama satu tahun terakhir, pihaknya melihat minat masyarakat terhadap kata kunci Ramadhan, Idul Fitri, dan Mudik semakin beragam. Ada yang mencari “ceramah singkat Ramadhan dan judulnya”, “puncak arus mudik 2023”, bersiap tampil segar dengan “baju lebaran” baru; hingga merencanakan rutinitas “olahraga calisthenic”.

Di bulan spesial ini, pengalaman membuat “karpet tufting” selagi ngabuburit, dan menemukan “resep buat buka puasa dan sahur” juga banyak dicari. Memang, bagi banyak orang, Ramadhan lebih dari sekadar menjalankan puasa dan shalat, ini juga merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama teman dan keluarga, bekerja bahu membahu menjadikan bulan ini penuh kehangatan dan kenangan bagi semua orang.

Beberapa fitur Google juga membantu kita dalam memeriahkan Ramadhan. Pertama, kita bisa berbelanja sesuai dengan apa yang kita lihat dengan mudah. Berpenampilan baru telah menjadi tradisi Lebaran tersendiri, baik tampilan diri ataupun rumah.

Dengan menggunakan kamera ponsel, Anda dapat mencari jenis makanan penutup lezat yang pernah Anda coba di rumah teman Anda, atau menemukan barang dekorasi favorit untuk dibeli. Cukup dengan membuka aplikasi Google di ponsel Anda dan mengetuk ikon kamera. Lalu, jepret foto atau mengambil tangkapan layar untuk menemukan hasil yang sama atau mirip dengan bantuan Google Lens.

Selain itu, salah satu tradisi Ramadhan yang paling melekat adalah makanannya. Jika Anda seorang pecinta kuliner dan berencana untuk meningkatkan keterampilan memasak Anda dengan bereksperimen di bulan Ramadhan ini, silakan jelajahi resep hidangan dari seluruh dunia yang tersedia di genggaman.

Cukup ketikkan nama hidangan ke Google Search, dan kata resep di sebelahnya. Anda akan melihat daftar resep untuk mendapatkan inspirasi dan petunjuk tentang cara menguasai setiap hidangan.

Selain itu, Anda juga bisa mencari aplikasi yang memiliki resep pilihan, main game asyik, nonton film seru, ngedit video pas ngabuburit, hingga eksplor takjil berbuka - semua ada di sorotan game dan aplikasi di Google Play.

Kemudian, fitur Google juga bisa membantu kita merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik. Mudik sendiri merupakan budaya khas Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri, ajang kembali ke kampung halaman.

Untuk mempersiapkan diri dan menemukan rute mudik terbaik, Google Maps kembali menghadirkan beberapa informasi relevan seperti: lokasi fasilitas temporer dan permanen yang relevan seperti: masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, dan bengkel kendaraan; tempat pengisian bahan bakar listrik (EV charging stations), harga tol, hingga fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa poin tujuan.

Dalam beberapa waktu menjelang mudik, Maps juga akan menampilkan informasi seputar rekayasa lalu lintas, seperti tahun 2022 silam.

Lanjut, ketika kita sedang dalam perjalanan, seringkali ibadah tehalangi dengan terbatasnya informasi; salah satunya adalah mencari arah kiblat untuk shalat. Qibla Finder, aplikasi web yang menggunakan augmented reality dapat menunjukkan arah kiblat di mana pun Anda berada.

"Kami telah mengaktifkan penggunaan offline dan pintasan untuk menambahkan Pencari Kiblat ke layar beranda Android Anda, sehingga Anda dapat menemukan lokasi Mekah saat Anda sedang bepergian," jelas pihak Google melalui keterangannya.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa waktu sholat, buka puasa dan saur, menyiapkan salam dan menemukan video seputar Ramadhan yang relevan di Google Search.

Tahun ini, Google tidak hanya menghadirkan beberapa pengalaman khusus, namun juga membantu Anda menemukan cara agar tradisi Ramadhan sejalan dengan minat Anda; melalui inisiatif #IniRamadanKita. Ini adalah sebuah inisiatif yang menyatukan 2 idola ikonik antargenerasi dan lintas genre: Nasida Ria dan JKT48.

Inisiatif ini diklaim bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa ada banyak cara untuk kita menjalankan bulan suci, tapi, siapapun komunitas nya, apapun minat nya, penting untuk kita terus menjadi diri sejati dan bersatu dalam keberagaman, terutama di bulan suci ini dengan sedikit bantuan dari Google.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #google #bikin #ramadhan #lebih #menyenangkan #nggak #percaya #coba #fitur

KOMENTAR