Mudik Lebaran Pakai Mobil, Begini Cara Merawatnya agar Aman dan Nyaman Selama di Perjalanan
Ilustrasi mudik Lebaran. (Dok JawaPos.com)
07:08
16 Maret 2024

Mudik Lebaran Pakai Mobil, Begini Cara Merawatnya agar Aman dan Nyaman Selama di Perjalanan

Mudik Lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu umat muslim di Indonesia. Kemenhub memprediksi sebanyak 193,6 juta orang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini.

Sudah dianggap sebagai tradisi, meskipun pemudik harus menyiapkan banyak hal. Mulai dari menjaga stamina tubuh yang baik, menyiapkan barang bawaan, menetapkan jalur mudik yang akan dilewati, hingga memilih kendaraan yang tepat.

Menurut hasil survei Kemenhub, sebanyak 35,42 juta orang menggunakan mobil pribadi untuk mudik.

”Minat masyarakat tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain tidak adanya Covid-19, ekonomi keluarga, cuti bersama, liburan anak sekolah, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana transportasi, serta kondisi cuaca,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (12/3).

Selain transportasi umum, mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan yang banyak diminati masyarakat. Agar perjalanan terasa aman dan nyaman, berikut adalah cara merawat mobil sebelum mudik Lebaran:

  1.   Pastikan Mesin Bekerja dengan Baik

Sebelum berangkat pastikan tidak ada masalah apapun pada mesin mobil. Hal itu memerlukan pengecekan mesin mobil secara menyeluruh supaya jika ada kerusakan akan ketahuan dan cepat ditangani.

  1.   Periksa Kelistrikan Mobil

Kelistrikan mobil yang berasal dari aki perlu diperiksa karena dapat memengaruhi komponen lain seperti lampu mobil, sistem starter, dan lain-lain.

  1.   Cek Air Radiator Mobil

Air radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga mesin mobil agar tetap berada di suhu yang normal. Perjalanan mudik yang jauh kemungkinan akan membuat mesin mobil panas, oleh karena itu diperlukan sistem radiator yang baik.

Selain air radiator, bagian tabung air atau reservoir radiator juga sebaiknya dicek terlebih dahulu.

  1.   Pastikan Rem Benar-Benar Berfungsi

Kecelakaan mobil sering kali terjadi karena rem blong atau rem yang tidak berfungsi dengan baik. Sebelum melakukan mudik, sebaiknya lakukan pengecekan apakah rem bekerja sesuai fungsinya atau tidak.

Mengecek rem dapat dilakukan dengan cara menginjak pedal. Waspada jika rem terasa lembut atau keras. Selain itu, cermati juga suara ketika mengerem.

  1.   Ganti Oli Mesin

Oli memiliki fungsi sebagai pelumas bagi mesin mobil. Oli juga berperan penting terhadap beroperasinya setiap komponen dalam mesin.

Mengganti oli mobil baik dilakukan secara berkala sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

  1.   Periksa Kinerja Wiper

Wiper yang tidak bekerja dengan baik akan membuat pengendara mobil kesulitan untuk melihat di kala hujan. Dalam perjalanan mudik yang jauh, tentu keamanan dan kenyamanan pengendara perlu diperhatikan.

  1.   Cek Ban Mobil

Ban merupakan komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Terdapat beberapa bagian ban yang perlu dicek sebelum pergi mudik, yaitu velg, tekanan angin, dan telapak ban.

  1.   Panaskan Mobil Menjelang Mudik

Memanaskan mobil akan membantu sirkulasi oli dalam mesin sehingga mobil dapat berfungsi dengan baik. Mobil yang jarang dipanaskan kemungkinan memiliki bagian mesin yang kering.

Merawat mobil sebelum pergi mudik Lebaran sangat penting dilakukan. Sebab, hal itu berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan pengendara.

Setelah memahami cara merawat mobil sebelum mudik, ada baiknya untuk menaati peraturan lalu lintas ketika melakukan perjalanan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #mudik #lebaran #pakai #mobil #begini #cara #merawatnya #agar #aman #nyaman #selama #perjalanan

KOMENTAR