Teman Berpuasa, Ini 5 Aplikasi yang Cocok digunakan untuk Bantu Maksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan
Ilustrasi: Aplikasi pendamping ibadah di bulan Ramadhan. (Istimewa).
12:08
13 Maret 2024

Teman Berpuasa, Ini 5 Aplikasi yang Cocok digunakan untuk Bantu Maksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memasuki hari kedu versi penetapan pemerintah yang dimulai pada Selasa (12/3) kemarin. Bulan Ramadhan diketahui menjadi bulan yang penuh berkah dan paling dinantikan diantara 11 bulan lainnya.

Selain berpuasa, di bulan Ramadhan ini, umat Muslim juga disarankan banyak melakukan amalan. Hal ini karena nilai kebaikannya akan menjadi puluhan kali lipat dibandingkan bulan lainnya atau di luar momen Ramadhan. Oleh karenanya, bulan ini begitu dinantikan.   Maka dari itu, banyak umat Muslim memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan ibadahnya, mulai dari menjalani ibadah puasa dengan baik dan benar, ditambah melakukan amalan-amalan lain dan memperbanyak kebaikan seperti tadarus Alquran, bersedekah dan meningkatkan kebaikan lainnya.  

  Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi terus berkembang pesat. Lewat teknologi, manusia diberi kemudahan dari berbagai sisi. Tak terkecuali dalam beribadah yang bisa dimaksimalkan dibantu oleh perangkat smartphone, benda yang hampir setiap hari kita genggam setiap saat.   Baik di perangkat Android maupun iOS, betebaran aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menggenjot performa ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Berikut, lima aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu memaksimalkan ibadah puasa kamu:  

  Muslim Pro: Ramadan 2024   Aplikasi pertama yang bisa membantu dan lumayan familiar adalah Muslim Pro: Ramadan 2024. Tahun ini, aplikasi Muslim Pro sudah mempersiapkan beberapa fitur baru untuk memaksimalkan ibadah kita di bulan Ramadhan 2024 ini.   Di aplikasi tersebut, banyak fitur-fitur yang disajikan, antara lain seperti waktu shalat, adzan, waktu berpuasa, Al-Quran dengan terjemahan dan bahkan asisten virtual bertenaga AI bernama "Ask AiDeen", sebuah chatbot Islami yang didukung AI (Artificial Intelligence) dan pembaruan pada fitur Al-Quran.   Buat yang ingin memperdalam ilmu dan hukum bacaan Quran, di aplikasi tersebut juga ada tajwid berwarna, penghitung digital zikir, pelacak masjid terdekat, juga animasi kompas penunjuk arah kiblat.  

  Ngaji.Ai   Aplikasi kedua merupakan pendatang baru. Untuk yang ingin ibadah mengaji Alquran selama Ramadhan, perusahaan pelopor penerapan teknologi AI dalam pendidikan Bahasa Indonesia, Vokal.ai kali ini meluncurkan inovasi terbarunya berupa aplikasi belajar mengaji, masih dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan yakni aplikasi Ngaji.ai.   Teknologi AI yang dikembangkan Vokal.ai membuat aplikasi ini mampu mendeteksi akurasi pelafalan bacaan Al-Quran melalui teknologi Automatic Speech Recognition (ASR), agar proses belajar mengaji dapat dilakukan secara mandiri.    Pembelajaran dengan Ngaji.ai dikatakan menerapkan scoring system, dimana pengguna akan mendapatkan nilai ketika menyelesaikan materi belajar dan mengerjakan latihan. Pengguna juga bisa memantau kemajuan belajarnya yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pemula, menengah, dan mahir, yang diukur berdasarkan total skor yang dikumpulkan.   

  Kisah 25 Nabi dan Rasul   Aplikasi ketiga sedikit lebih ringan. Belajar agama pun tak melulu yang berat-berat. Memahami kisah dan cerita para Nabi dan Rasul, meneladani akhlak dan pesan-pesan yang dibawanya ke kehidupan sehari-hari pun merupakan salah satu bentuk ibadah yang punya nilai pahala.   Bagi yang ingin membaca bacaan terkait kisah Nabi dan Rasul secara lengkap namun lewat satu genggaman saja, ada aplikasi bernama Kisah 25 Nabi dan Rasul yang bisa diunduh. Aplikasi besutan Barokah Studio ini menjadi salah satu aplikasi dengan rating tinggi (4,7) di toko aplikasi Google Play Store dan menyajikan kisah lengkap 25 Nabi dan Rasul.  

  NU Online: Qur'an Sholat Tahlil   Aplikasi keempat yang bisa jadi pilihan dan cukup banyak digunakan versi Google Play Store adalah NU Online: Qur'an Sholat Tahlil. Aplikasi NU Online: Quran Sholat Tahlil adalah aplikasi Gaya Hidup yang dikembangkan oleh NU Online Official.   NU Online Super App merupakan aplikasi ibadah dan belajar Islam terlengkap yang menekankan kemudahan, kualitas, dan kredibilitas. Aplikasi ini juga bisa memfasilitasi para pecinta Al-Quran untuk bisa membaca dalam format per halaman atau per ayat, dilengkapi dengan terjemah, transliterasi Latin, dan tafsir, doa dan wirid, jadwal sholat dan banyak lagi.  

  IslamQA   Aplikasi terakhir adalah IslamQA. Beda dari aplikasi lainnya, aplikasi ini lebih fokus pada fatwa-fatwa ulama. Aplikasi besutan ZADGroup ini juga mendapat rating tinggi (4,8) di toko aplikasi Google Play Store. IslamQA hadir dengan fungsi yang memudahkan untuk membaca fatwa dalam 12 bahasa. Selain versi gratisan, tersedia juga versi berbayar yang bebas iklan dan mudah digunakan.   Pengguna dapat belajar Islam karena aplikasi ini mengikuti ajaran Alquran dan Sunnah. Adapun pengguna dapat membagikan fatwa ke orang lain. Aplikasi IslamQA dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #teman #berpuasa #aplikasi #yang #cocok #digunakan #untuk #bantu #maksimalkan #ibadah #bulan #ramadhan

KOMENTAR