Xiaomi Mulai Jual Mobil Listrik SU7 Akhir Bulan Ini
Mobil listrik Xiaomi SU7 akan dijual 28 Maret. [Dok Xiaomi]
15:48
12 Maret 2024

Xiaomi Mulai Jual Mobil Listrik SU7 Akhir Bulan Ini

Xiaomi pada Selasa (12/3/2024) mengumumkan akan mulai menjual mobil perdananya SU7 mulai Maret ini. Pasar pertama yang akan mendapat mobil listrik ini tentu saja adalah China, tempat asal Xiaomi.

Dalam unggahan di media sosial Weibo, Xiaomi mengatakan sudah menyiapkan 59 diler di 29 kota di China. Rencananya peluncuran mobil listrik Speed Ultra 7 (SU7) itu akan digelar pada 28 Maret mendatang.

Xiaomi SU7 akan menambah daftar mobil listrik di China, pasar otomotif terbesar di dunia saat ini. Peluncuran SU7 digelar ketika pasar mobil listrik China sedang dilanda perang harga setelah BYD memangkas harga produk-produknya di Tiongkok serta di sejumlah negara.

Mobil listrik Xiaomi SU7 akan dijual 28 Maret. [Dok Xiaomi]Mobil listrik Xiaomi SU7 akan dijual 28 Maret. [Dok Xiaomi]

Saat pertama kali diluncurkan pada Desember 2023 lalu, Lei Jun pendiri dan bos Xiaomi mengatakan sedan listrik itu akan membawa perusahaan yang sebelumnya beken di industri gawai ke lima besar produsen mobil dunia.

Lei Jun mengeklaim bahwa SU7 memiliki teknologi motor listrik super, yang mampu memacu mobil tersebut lebih kencang dari Tesla dan pesaing dari Eropa, Porsche.

Xiaomi SU7 akan diproduksi di pabrik milik BAIC Group - salah satu BUMN China yang bergerak di bidang otomotif. Pabrik di Beijing itu akan mampu memproduksi hingga 200.000 unit mobil per tahun.

Sebelumnya Xiaomi mengatakan akan menggelontorkan investasi senilai 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp 155 triliun di bidang otomotif dalam 10 tahun ke depan.

Mobil listrik Xiaomi SU7. [Xiaomi Indonesia]Mobil listrik Xiaomi SU7. [Xiaomi Indonesia]

Adapun SU7 disebut akan diotaki oleh sistem operasi yang sama dengan ponsel-ponsel Xiaomi, sehingga bisa saling terkoneksi. 

Belum diketahui apakah Xiaomi SU7 akan juga dijual di luar Tiongkok, termasuk ke Indonesia seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa merek mobil China seperti Neta, BYD dan Chery.

Editor: Liberty Jemadu

Tag:  #xiaomi #mulai #jual #mobil #listrik #akhir #bulan

KOMENTAR