Optimistis KTB Tahun Ini Penjualan Lebih Bagus, Sektor Logistik Jadi Bisnis Berpotensi
Sales and Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB,) Kei Kubota (kiri), President Director PT. KTB Daisuke Okamoto (tengah) dan Sales and Marketing Director PT. KTB Aji Jaya berfoto bersama saat menunjukan produk truk unggulan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024). (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)
13:40
10 Maret 2024

Optimistis KTB Tahun Ini Penjualan Lebih Bagus, Sektor Logistik Jadi Bisnis Berpotensi

- Aji Jaya selaku Sales and Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) berharap penjualan unit tahun ini bisa lebih baik dibanding tahun lalu. 

Bila melihat data penjualan kendaraan komersil tahun lalu versi Gaikindo mengalami penurunan 9 persen pada tahun 2022. Merek Fuso di 2023 mampu mencatat penjualan ritel sebanyak 33,283 unit.

"Selama 2023 itu kondisinya sedang kurang baik. Jadi ada mining, plantation, kemudian ditambah lagi global ekonomi yang mengakibatkan harga komoditas CPO, batu bara itu tidak sebagus pada tahun 2022," ujar Aji saat acara media gathering di Jakarta (8/3).

Dengan melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih di atas 5 persen, pihaknya optimis masih mampu mempertahankan posisi market leader bahkan meningkatkan market share.

"Bila kita asumsi total demand akan sama, tetapi kita punya target yang lebih tinggi agar posisi tetap sebagai market leader dan kita bisa meningkatkan market share," tambahnya.

Aji juga mengungkapkan bahwa sektor bisnis logistik masih akan menjadi pemicu pertumbuhan penjualan kendaraan niaga di 2024, diikuti perkebunan hingga kontruksi.

"Sektor industri pendongkrak itu logistik masih menjadi sektor bisnis yang memiliki potensi,” katanya.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya di pembukaan GIICOMVEC 2024 sangat optimistis penjualan kendaraan komersil tahun ini akan tumbuh. Bahkan, kata dia, bisa salip Thailand.

Bahkan KTB juga berencana akan meluncurkan truk listrik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang rencananya akan berlangsung pada 18-28 Juli 2024.

Seperti diberitakan sebelumnya Canter listrik sudah diperkenalkan di Indonesia sejak GIIAS 2022 pada Agustus 2022 lalu. Namun hingga kini belum rilis karena sedang menjalani uji coba atau proof of concept (PoC) sejak September 2022.

Dalam proses PoC ini, ada 5 perusahaan yang ikut terlibat, diantaranya ialah DHL, PT Pos Indonesia, Nestle, serta B-Log. Perusahaan pengguna pun sudah melaporkan hasil uji coba tersebut.

"Respons mereka bagus. Mereka menunggu kapan (eCanter) bisa dijual. Makanya, untuk peluncurannya masih on the track," tegas Aji.

Fuso e-canter menggunakan baterai model modular yang bisa dipasang hingga tiga perangkat. Setiap satu baterai memiliki kapasitas 41 kWh dan bisa menempuh jarak hingga 80 kilometer.

Sementara jika ketiganya dipasang bersamaan, kendaraan bisa melaju hingga 200 km. Fuso eCanter juga dibekali berbagai fitur keselamatan, seperti Active Sideguard Assist, Active Brake Assist, Active Attention Assist, Intelligent Headlight Control, Electric Parking Brake, dan kamera mundur

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #optimistis #tahun #penjualan #lebih #bagus #sektor #logistik #jadi #bisnis #berpotensi

KOMENTAR