Penjualan Motor Honda Berjaya di Jawa Tengah dan Yogyakarta
Suasana Booth AHM saat AHM Rilis New Honda Scoopy di Pameran IMOS, Tangerang, Banten. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)
19:56
28 Oktober 2024

Penjualan Motor Honda Berjaya di Jawa Tengah dan Yogyakarta

- Merek Honda khususnya roda dua di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta menjadi pilihan nomer satu sebagai pilihan masyarakat. Hal ini di tegaskan Arnanto Gunara, Region Head Astra Motor Yogyakarta, saat hadir di acara Honda Bikers Day (HBD yang berlangsung di Klaten, Sabtu (26/10).

Sebagai dealer utama sepeda motor Honda di Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta (DIY), Arnanto mengungkapkan bahwa setidaknya 8 dari 10 motor yang terjual di kedua wilayah tersebut berupa Honda.

"Hingga saat ini kita masih menguasai pasar di berbagai segmen, baik matic maupun non matic. Hingga sekarang rata-rata dari 10 motor, merek kami bisa mendapat 8 lebih," kata Arnanto Gunara.

Bahkan menurutnya image Honda sangat positif, ini terbukti dalam penyebutan sepeda motor adalah Honda.

"Di wilayah kami menyebut sepeda motor adalah Honda. Penjualan kami sangat positif, dari catatan internal kami sejak Januari hingga September penjualan motor Honda di Jateng dan DIY sekitar 490 ribu unit," ujarnya.

Arnanto menambahkan bahwa angka tersebut 'stabil' bila dibanding periode sama di tahun sebelumnya (2023), meskipun di beberapa daerah angkanya ada yang daik dan turun.

Sebagai informasi, Astra Motor merupakan salah satu dealer utama motor Honda di beberapa wilayah. Selain di Jateng dan DIY ada di Sumatera Selatan, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM, menjelaskan motor Honda populer di Jateng dan DIY, termasuk di segmen bawah seperti Beat dan seri Scoopy.

"Mungkin semua orang sudah tahu kalau kita ke klaten ini orang menyebut motor ya Honda. Jawa Tengah dan Yogyakarta punya pasar motor besar serta terdapat banyak konsumen dan komunitas Honda," ucap dia.

Muhib menambahkan bahwa antara pihak dealer dan komunitas mempunyai hubungan baik, loyalitas antar keduanya terjaga. Hal ini menjadi salah satu strategi dalam menjaga pasar.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #penjualan #motor #honda #berjaya #jawa #tengah #yogyakarta

KOMENTAR