Mobil Manual Nggak Bisa Masuk Gigi Mundur, Penyebabnya Banyak Juga Ya
Ilustrasi: Mobil manual punya gigi mundur yang ditandai dengan huruf 'R'. (Car From Japan).
14:56
28 Oktober 2024

Mobil Manual Nggak Bisa Masuk Gigi Mundur, Penyebabnya Banyak Juga Ya

Gigi mundur atau Reverse Gear pada mobil merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai bagi kalian pemula dalam mengemudi mobil manual. Baik gigi mundur mobil matic dan gigi mundur mobil manual kalian harus harus memposisikan tuas persneling ke R (Reverse).

Reverse adalah nama gigi mundur mobil dalam simbol persneling. Namun khusus gigi mundur mobil manual biasanya jauh lebih repot dibanding gigi mobil matic. Hal ini karena pada saat melakukan gigi mundur mobil manual kerap terganggu.

Masalah ini biasanya muncul pada mobil manual yang sudah berumur. Pada saat hendak memasukkan gigi mundur, akan terasa keras, susah atau bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali.

Jika gigi mundur mobil susah masuk dipastikan yang jadi penyebabnya adalah terkikisnya dan habisnya kampas kopling mobil. Hal tersebut membuat kabel tuas transmisi macet.

Tidak hanya itu, kadang juga penyebab gigi mundur mobil susah masuk karena ada angin masuk di bagian master kopling untuk tipe hidrolik. Secara umum memang konstruksi dari transmisi mobil manual pada gigi mundurnya tidak terdapat komponen yang namanya synchromesh.

Melainkan langsung antara dua gigi yang bersinggungan. Oleh karena itu, pada proses perpindahan tuas transmisi ke gigi mundur ini memiliki perlakuan yang berbeda dengan jika kita memasukkan gigi perseneling ke gigi 1, 2, 3, 4, 5.

Karena itulah ketika melakukan pengoperan ke gigi mundur disaat yang tidak tepat, dalam artian posisi antar gigi tersebut belum sejajar, maka bisa dipastikan gigi mundur tidak bisa masuk di posisi R.

Mengutip LifePal, penyebab gigi mundur mobil susah masuk lainnya adalah oli transmisi yang sudah lama tidak diganti atau bisa jadi karena salah pilih oli. Oli transmisi pada mobil manual memang internal penggantiannya lebih lama daripada mobil matic.

Namun jika kualitasnya sudah jelek, maka hal itu dapat menjadi penyebab gigi mundur mobil susah masuk, keras, seret atau macet. Jika mulai merasakan hal-hal di atas pada mobil manual, sebaiknya Anda langsung mengunjungi bengkel.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #mobil #manual #nggak #bisa #masuk #gigi #mundur #penyebabnya #banyak #juga

KOMENTAR