Khusus untuk Jaringan 4G, MediaTek Luncurkan Chipset Helio G91 SoC
Ilustrasi logo MediaTek. (MediaTek)
11:00
29 Februari 2024

Khusus untuk Jaringan 4G, MediaTek Luncurkan Chipset Helio G91 SoC

Tanpa ada bocoran sebelumnya, MediaTek secara resmi merilis Helio G91 SoC. Chipset anyar tersebut menjadi andalan baru perusahaan ini yang dikhususkan untuk perangkat 4G pengisi kelas entry-level.

Helio G91 SoC membawa jeroan dan mesin yang sama dengan dua pendahulunya yaitu Helio G88 dan Helio G85. Namun, MediaTek mengaku menawarkan ISP yang lebih ditingkatkan pada chipsetnya ini.

Dilansir dari GSM Arena, Helio G91 SoC bersama Helio G88 dan Helio G85 menggunakan konfigurasi CPU yang sama yaitu 2x Cortex A75 dengan clock speed 2,0 GHz.

Selain itu, MediaTek juga memberikan dukungan 6x Cortex-A55 yang berjalan pada kecepatan 1,8 GHz. Ketiga chipset MediaTek tersebut juga menggunakan kartu grafis yang sama yaitu GPU Mali-G52 MC2 pada kecepatan 1,0 GHz.

Proses pembuatan untuk 12nm juga masih sama seperti yang digunakan oleh TSMC. Namun, MediaTek memastikan jika Helio G91 SoC kini mendukung kamera dengan sensor 108 MP di bagian belakang.

Kemampuannya ini membuat Helio G91 SoC justru banyak disukai oleh produsen. Hal ini karena chipset tersebut memiliki performa optimal dan dibanderol dengan harga yang terjangkau.

MediaTek menyebut bahwa Helio G91 SoC bakal menjadi solusi anggaran kompetitif pada tahun 2024 ini. Selain itu, chipset ini juga hadir dengan sejumlah spesifikasi terbaru yang masih bisa optimal beberapa tahun mendatang.

Belum diketahui dengan pasti mengenai perangkat pertama yang akan bekerja dengan dukungan Helio G91 SoC ini. Perlu bersabar hingga ada pengumuman resmi dari MediaTek nantinya terkait hal tersebut.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #khusus #untuk #jaringan #mediatek #luncurkan #chipset #helio

KOMENTAR