Lenovo Rilis Laptop Transparan Pertama di Dunia, Jadi Perangkat Masa Depan
Laptop transparan Lenovo. (YouTube/ Lenovo)
14:16
27 Februari 2024

Lenovo Rilis Laptop Transparan Pertama di Dunia, Jadi Perangkat Masa Depan

Lenovo dikabarkan sedang mengerjakan laptop dengan fitur futuristik dan layar transparan beberapa waktu lalu. Bocoran terbukti benar, Lenovo akhirnya mengenalkan laptop transparan pada pameran akbar Mobile World Congress (MWC) 2024.

Lenovo mengklaim bahwa ini adalah laptop transparan pertama di dunia yang menggunakan layar micro-LED 17,3 inci. Layar micro-LED ini sangat transparan sehingga pengguna bisa mengoperasikan laptop dengan latar belakang ruangan.

Perusahaan memberi nama produk terbarunya sebagai Lenovo ThinkBook Transparent Display Concept di MWC 2024. Perangkat masa depan ini masih sebatas konsep dan belum diluncurkan secara komersial.

Lenovo ThinkBook Transparent Display memiliki layar tanpa batas yang menawarkan pengalaman tembus pandang. Area keyboard transparan dan "Floating Footpad Design" melengkapi tampilan serta daya tariknya.

Dalam hal fungsionalitas, Lenovo mengungkap bahwa pengguna dapat melihat latar belakang ruangan dan menampilkan informasi digital menggunakan laptop transparan. Ini sepertinya merupakan pengalaman augmented reality (AR).

Laptop transparan Lenovo. (YouTube/ Lenovo)Laptop transparan Lenovo debut di MWC 2024. (YouTube/ Lenovo)

Layar transparan mikro-LED 17,3 inci menawarkan kecerahan 1.000 nits. Dikutip dari MySmartPrice dan The Verge, Lenovo ThinkBook Transparent Display menawarkan transparansi hingga 55 persen saat pikselnya disetel menjadi hitam dan dimatikan.

Namun saat pikselnya menyala, layar menjadi semakin tidak tembus pandang, hingga akhirnya, pengguna melihat permukaan putih buram dengan kecerahan puncak 1.000 nits. Dilihat secara sekilas, ini mirip perangkat masa depan pada film fiksi ilmiah.

Salah satu ide besar Lenovo dalam meluncurkan produk ini adalah fitur tembus pandang yang dapat berguna bagi seniman digital. Ini membantu mereka melihat dunia di balik layar laptop sambil membuat sketsa di bagian bawah perangkat.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #lenovo #rilis #laptop #transparan #pertama #dunia #jadi #perangkat #masa #depan

KOMENTAR