Jangan Asal Bayar, Ketahui Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Biar Nggak Rugi, Begini Caranya
Ilustrasi: Asuransi melindungi mobil dari berbagai risiko. (The Zebra)
16:52
22 Oktober 2024

Jangan Asal Bayar, Ketahui Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Biar Nggak Rugi, Begini Caranya

  Mobil yang diberikan dengan perlindungan asuransi memang memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Belakangan juga asuransi mobil semakin dianggap penting karena memberikan perlindungan finansial bagi pemilik kendaraan.    Kenapa asuransi mobil perlu? Sebab, asuransi mobil dapat menjamin risiko kerusakan, kerugian, hingga kehilangan mobil. Dengan asuransi mobil, Anda tidak perlu menanggung semua biaya perbaikan atau penggantian mobil sendiri.    Selain itu, manfaat asuransi mobil yakni memberikan rasa tenang saat berkendara, menjamin risiko kecelakaan, seperti tabrakan, benturan, terbalik, dan tergelincir. Asuransi juga penting untuk mobil bekas yang lebih rentan terhadap kerusakan.  

  Meski penting, sayangnya di lapangan banyak masyarakat pemilik mobil yang belum mengerti mengenai cara menghitung premi asuransi mobil. Asal bayar saja, padahal premi asuransi mobil punya perhitungan yang jelas.   Dengan tahu cara menghitung premi asuransi mobil, kita jadi bisa terhindar dari upaya marketing asuransi yang nakal. Misalnya kita jadi tahu porsi membayar yang sesuai dengan kebutuhan kita, tidak kemahalan padahal mungkin preminya lebih murah dari yang seharusnya dibayarkan.   Untuk menghitung premi asuransi mobil, Anda dapat menggunakan beberapa rumus seperti Premi Dasar = Nilai Pertanggungan x Rate Asuransi. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan biaya administrasi polis dan materai sesuai ketentuan perusahaan asuransi.    Beberapa hal juga memengaruhi premi asuransi mobil. Misalnya model mobil, mobil dengan nilai yang lebih tinggi biasanya lebih mahal untuk diasuransikan. Memilih mobil bekas dapat membantu Anda mendapatkan tarif yang lebih terjangkau.   

  Premi asuransi mobil juga ditentukan oleh zonasi wilayah dari unit mobil yang diasuransikan. Aturan tersebut biasanya ada pada jenis asuransi All Risk.   Untuk mempermudah masyarakat menghitung premi asuransi mobil, PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPM menghadirkan inovasi layanan pelanggan berupa kalkulator simulasi biaya premi yang  tersedia di website resmi MPM Insurance.   Tools tersebut diklaim dirancang untuk mempermudah calon pelanggan menghitung estimasi premi asuransi dengan cepat, mudah, dan transparan. Jika sebelumnya pelanggan harus berkomunikasi dengan tim sales untuk mendapatkan gambaran biaya premi, kini pelanggan dapat melakukannya secara mandiri, kapan saja dan di mana saja.   "Kalkulator simulasi biaya premi ini akan mempermudah calon pelanggan dan pelanggan MPMInsurance dalam merencanakan perlindungan asuransi mereka sesuai dengan anggaran mereka. Fitur ini akan memberikan customer journey yang lebih baik dan lebih efisien bagi setiap pelanggan," ujar Poppy Panca, VP Marketing MPM Insurance melalui keterangannya.  

  Kalkulator simulasi tersebut diklaim memberikan pelanggan fleksibilitas penuh dalam merencanakan perlindungan asuransi. Pelanggan cukup memasukkan informasi yang relevan, dan dalam hitungan detik, estimasi premi akan tersedia.   Dengan demikian, proses perencanaan asuransi menjadi lebih cepat dan efisien, serta memungkinkan pelanggan membuat keputusan berdasarkan preferensi mereka. Kalkulator simulasi biaya premi ini dirancang khusus untuk produk retail MPM Insurance, yaitu asuransi kendaraan (atau asuransi mobil), asuransi properti, dan asuransi perjalanan. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jangan #asal #bayar #ketahui #cara #menghitung #premi #asuransi #mobil #biar #nggak #rugi #begini #caranya

KOMENTAR