Bocoran Ungkap Samsung Akan Ganti Menu Pengaturan dengan AI, Seperti Apa Kecanggihannya?
Ilustrasi: Galaxy AI akan lebih canggih lagi. (Istimewa)
16:20
17 Oktober 2024

Bocoran Ungkap Samsung Akan Ganti Menu Pengaturan dengan AI, Seperti Apa Kecanggihannya?

  Tren terkini pengintegrasian AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan ke dalam smartphone dimulai dengan fitur-fitur dasar seperti ringkasan teks, yang kini menuju ke tingkat berikutnya. Samsung sendiri telah memulai tren tersebut dan bersiap menuju ke era berikutnya.   Menurut publikasi Korea Selatan ETNews, Samsung disinyalir tengah menggarap sistem bertenaga AI yang akan menggantikan aplikasi 'Pengaturan' pada perangkat Galaxy (setidaknya ponsel pintar) secara menyeluruh.   Sistem disebut akan memprediksi apa yang diinginkan pengguna terlebih dahulu dengan menganalisis interaksi secara langsung. Kemudian, sistem dapat membantu pengguna membuat perubahan dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi.  

  Meski kedengarannya agak futuristik, hampir semua produsen ponsel pintar telah bergerak ke arah ini selama beberapa tahun terakhir. Misalnya, kamera memilih jenis pemrosesan gambar yang sama sekali berbeda saat melihat dokumen, bukan lanskap atau orang.   Dilansir via Gizmochina, AI pada perangkat memiliki kecanggihan untuk mengenali jenis konten yang ingin Anda tangkap dan membuat perubahan untuk pengguna. Sudah ada beberapa implementasi AI di berbagai aplikasi dan tampilan UI yang bertujuan untuk memudahkan hidup Anda.    Berbicara tentang Samsung, mereka bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna lebih jauh dengan integrasi AI yang lebih dalam di tampilan OneUI-nya, dan perkembangan terbaru ini sejalan dengan strategi intinya.  

  Sudah lama sejak telepon pintar dilengkapi asisten suara bertenaga AI, namun, fungsinya masih terbatas. Asisten pintar tersebut hanya dapat membantu tugas-tugas yang relatif lebih sederhana (seperti menyetel alarm) dan tidak memiliki kontrol tombol pada perangkat.    Akankah pengembangan terbaru menawarkan sistem AI yang jauh lebih baik yang dapat memproses tugas-tugas yang lebih kompleks dengan sendirinya? Hanya waktu yang dapat menjawabnya.   Sebagai informasi juga, Galaxy AI Samsung sudah menawarkan beberapa fitur bermanfaat termasuk penyuntingan foto yang lebih mudah, berinteraksi dengan orang yang berbicara bahasa lain, dan masih banyak lagi.   

  “ProVisual Engine” yang ditingkatkan oleh perusahaan membantu perangkat keras kamera dalam menghasilkan foto yang lebih jernih dan lebih stabil, bahkan dalam kondisi cahaya redup.   Di sisi lain, fitur Note Assist yang didukung AI milik perusahaan telah membuat pencatatan dan pengaksesan informasi lebih mudah dari sebelumnya.   Meskipun fitur-fitur berbasis AI ini menghemat waktu, fitur-fitur tersebut masih terbatas pada aplikasi atau area UI tertentu. Namun, pengembangan Samsung yang sedang berlangsung dapat meningkatkan aksesibilitasnya, sehingga menawarkan lompatan signifikan dalam pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #bocoran #ungkap #samsung #akan #ganti #menu #pengaturan #dengan #seperti #kecanggihannya

KOMENTAR