Masa Tenang Kampanye, Instagram Ikut Batasi Konten Politik
Logo Instagram. [Shutterstock]
14:40
12 Februari 2024

Masa Tenang Kampanye, Instagram Ikut Batasi Konten Politik

Pemilu 2024 dan Pilpres 2024 di Indonesia kini memasuki masa tenang. Bersamaan dengan itu, Instagram ikut mengumumkan kalau aplikasi mereka akan membatasi konten politik.

Lewat blog resmi yang diterbitkan 9 Februari 2024, Instagram mengaku tidak akan lagi merekomendasikan konten politik dari akun yang tidak diikuti pengguna.

Kebijakan ini juga berlaku untuk Threads, aplikasi milik Instagram yang mirip seperti Twitter.

“Jika Anda memutuskan untuk mengikuti akun yang mengunggah konten politik, kami tidak ingin memisahkan Anda dan postingan mereka, namun kami juga tidak ingin secara proaktif merekomendasikan konten politik dari akun yang tidak Anda ikuti," kata Instagram, dikutip dari Variety, Senin (12/2/2024).

Dengan demikian, Instagram dan Threads tidak akan merekomendasikan konten berbau politik dari orang asing. Tapi konten politik ini bakal tetap muncul apabila disebarkan oleh akun yang sudah diikuti pengguna.

Kedua aplikasi itu juga akan menambahkan opsi yang memungkinkan pengguna untuk tetap melihat konten rekomendasi politik apabila mereka menginginkannya. Opsi yang sama juga akan hadir di Facebook dalam beberapa waktu ke depan.

Adapun konten politik yang dimaksud Instagram adalah konten yang berkaitan dengan undang-undang, pemilu, atau topik sosial.

“Tujuan kami adalah menjaga kemampuan masyarakat untuk memilih berinteraksi dengan konten politik, sekaligus menghormati selera setiap orang terhadap konten tersebut,” tulis Head of Instagram, Adam Mosseri dalam unggahan di Threads.

Kebijakan baru untuk membatasi konten politik berlaku untuk area Instagram seperti Feed, Reels, Watch, Groups You Should Join, and Pages You May Like.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #masa #tenang #kampanye #instagram #ikut #batasi #konten #politik

KOMENTAR